Pengamanan Kirab Budaya Langit Bumi Segoro Di Samas

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:42

Memperingati Hari Jadinya yang Ke-76 Pemerintah Desa Srigading, Sanden, Bantul mengadakan Kirab Budaya Langit Bumi Segoro dan Upacara adat Labuhan Jalamina, Selasa (11/9/2018) jam 09.00Wib.

Route arak-arakan Kirab Budaya dengan start awal dari Balai Desa Srigading berjalan kaki ke arah Selatan melalui jalan Samas, menuju ke pusat upacara adat di komplek Rumah Limasan Desa, kawasan parkir Pantai Samas. Dalam arak-arakan ini mendapat pengawalan dari mobil patroli Polsek Sanden.

Arak-arakan Kirab Budaya terdiri dari Drum Band SMPN 2 Sanden, Peleton SMKN 1 Sanden, Bregodo Lombok Abang,  Bregodo Satrio Angun-angun, Bregodo Segoro Mukti, Bregodo perwakilan Pedukuhan se-Desa Srigading dengan menampilkan berbagai macam seni budaya daerah.

Ketua Panitia Kirab Budaya, Junarto dalam kesempatannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada undangan dan peserta kirab Budaya Desa Srigading yang telah hadir ikut berpartisipasi dalam acara Kirab Budaya Desa Srigading. Kirab Budaya ini sebagai salah satu bentuk mempertahankan nilai seni budaya yang semakin lama semakin luntur oleh arus budaya asing. Kedepan kegiatan Kirab Budaya Desa Srigading akan dilaksanakan setiap tahun guna memupuk rasa cinta terhadap budaya tanah air dan mempertahankan nilai-nilai luhur budaya bangsa, kata Junarto.

Dengan adanya Kirab Budaya Desa Srigading, semoga mampu menambah minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Samas yang selama ini dinilai masih minim wisatawan dibandingkan dengan obyek wisata yang lain, harapnya.

Puncak acara Kirab Budaya Langit Bumi Segoro adalah Pelepasan Kepala Kerbau (Larung Ndas Kebo) di Pantai Samas sebagai bentuk puji syukur nelayan dan masyarakat Desa Srigading khususnya penduduk pesisir Pantai Selatan terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan rizki yang telah diberikan selama ini dengan harapan di tahun berikutnya diberikan rizki yang lebih melimpah.

Kirab Budaya Langit Bumi Segoro Desa Srigading dihadiri Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Muspika Sanden, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, Lurah dan Pamong Desa Srigading, tamu undangan.

Guna menjaga keamanan dan kelancaran selama berlangsungnya kirab budaya, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan mulai dari start hingga lokasi pelarungan kepala kerbau. (Humas Polsek Sanden) 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:42

0 komentar:

CB