Pengamanan Labuhan Hondodento Di Pantai Parangkusumo

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:18

Personil Polsek Kretek melaksanakan pengamanan labuhan Hondodento dari Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul di pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul. Selasa (25/9/2018) pagi.

Benda-benda yang dilabuh terdiri dari Pisang sanggan lengkap dengan kinang ayu, Busana kain parang barong, kain semekan gadung melati dan bermacam bunga yang diantaranya bunga melati, bunga mawar dan bunga kenanga. Keunikan labuhan ini adalah bentuknya yang bersimbul sebagai piranti upacara dan doa dari berbagai kalangan.

Dalam ritual ini masyarakat mengagungkan nama Hyang Illahi serta memohon rahmatnya dan dilindungi agar mereka mendapat kesejahteraan lahir dan batin.

Bapak Aryo MT dari dinas pariwisata DIY dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada yayasan Hondodento yang telah nguri-uri kebudayaan leluhur dan memberikan penghargaan pada acara ini serta berharap kedepan lebih bisa meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Bantul khususnya dan D.I Yogyakarta pada umumnya.

Pemerintah DIY mendukung agar kegiatan ini berkesinambungan untuk dapat mewujudkan daya tarik ritual religi terhadap wisatawan domestik maupun asing, pungkasnya.

Kegiatan tersebut berakhir pada pukul 11.00 Wib berjalan dengan aman dan lancar dengan pengamanan dari Polsek Kretek,Sat Binmas Polres Bantul, Dit Pol Air Polda DIY dan Tim SAR Parangtritis. (Humas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:18

0 komentar:

CB