Pengamanan Penyerahan Bantuan Detektor Banjir Dan Paket Sembako Di Dusun Kedungjati

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:16

Kanit Sabhara Polsek Imogiri AKP Agus Budiyono bersama Panit Lantas Iptu Slamet Zuana menghadiri sekalugus melaksanakan Pengamanan Penyerahan bantuan Detektor Banjir dan Paket Sembako di Dusun Kedungjati Rt 04 Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Bantul, Senin 17 September 2018 pukul 09.30 wib. Dengan alat ini warga dapat mengetahui saat musibah banjir karena sensor dalam alat ini akan membunyikan sirine saat terkena banjir.

Setelah diserahkan kemudian giat dilanjutkan dengan pemasangan alat Detektor Banjir oleh SMKN 1 Pundong bekerja sama dengan Pemerintah Desa Selopamioro.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan SMKN 1 Pundong bapak Sutopo mengutarakan bahwa pemasangan alat deteksi banjir ini merupakan bagian dari program bakti sosial yang digelar setahun sekali. Pihak sekolah memilih lokasi tersebut karena Padukuhan Kedungjati merupakan salah satu daerah di pinggir Sungai Oya yang rawan banjir. Pada November 2017 lalu, banjir menggenangi wilayah padukuhan ini hingga ketinggian sekitar 2 meter.

Program bakti sosial ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan tahun ini kami sengaja memilih tempat ini karena kemarin wilayah Kedungjati dan sekitarnya terkena dampak banjir. Ini harapannya warga sekitar dapat terbantu, karena sebelum banjir besar datang sudah ada peringatan dini dari alat ini,” ungkapnya.

Alat detector banjir yang merupakan buah karya siswa Jurusan Teknik Audio Video dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik ini dipasang di pinggir sungai berbentuk paralon dengan dilengkapi sensor air. Alat tersebut kemudian dihubungkan ke piranti pengeras suara dan sirine yang diletakkan di mushola yang berjarak seiitar 50 meter dari sungai. Dalam ketinggian tertentu, sensor air akan mengirim sinyal ke pengeras suara yang akan dikonversikan menjadi bunyi sirine.

Dijelaskan, terdapat tiga sensor dalam alat deteksi banjir tersebut dimana sensor akan mengirim sinyal ke sirine ketika sensor kedua dan ketiga telah terkena air. Sensor kedua akan membunyikan sirine berupa peringatan agar warga bersiap-siap karena ketinggian air di Sungai Oya mulai naik.

Sedangkan sensor ketiga akan membunyikan sirine sebagai tanda warga harus mengungsi karena ketinggian air sudah meningkat dan dimungkinkan segera masuk ke pemukiman penduduk.

Cara kerja detektor ini kalau terkena air pada sensor paling bawah belum membunyikan alarm. Kemudian air mengenai sensor kedua yang berada di atasnya, alarm akan berbunyi untuk peringatan pertama. Dan kalau air sudah mengenai sensor ketiga yang paling atas itu artinya sudah tanda bahaya. Suara sirine kami buat berbeda dan kami setting berbunyi selama lima menit dan dapat didengar dalam radius 2 kilometer,” terang Sutopo.

Perlengkapan detektor banjir buatan siswa SMK Negeri 1 Pundong ini ditaksir telah menghabiskan anggaran senilai Rp 10 juta. Alat ini juga dilengkapi dengan UPS (Uninterruptible Power Supply) yang berfungsi untuk menyimpan daya. Sehingga, meski dalam kondisi arus listrik padam, alat detektor ini masih berfungsi dan dapat membunyikan sirine. Pihak seklah berharap, alat semacam ini dapat diperbanyak dan dipasang di titik-titik rawan bencana banjir.

Sementara itu, tanggapan positif disampaikan oleh Dukuh Kedungjati, Ngatiyo, yang mengaku alat detektor banjir tersebut sangat membantu warga untuk mengetahui jika banjir datang. Sebelumnya, warga sering merasa was-was terjadi banjir saat hujan datang dengan intensitas tinggi. Guna mengetahui datangnya banjir, warga hanya sebatas mengawasi di pinggiran sungai, namun mengalami kendala pada saat malam hari.

Sangat terbantu, karena warga di RT 04 yang masuk dalam peta rawan banjir sendiri berjumlah kepala 22 keluarga dengan 120 jiwa. Nanti warga bisa dengan cepat mengetahui kalau ada banjir. Kalau dulu kan kita hanya ronda, jadi kalau banjir datang tiba-tiba ya tidak sempat mengungsi,” katanya.

Kegiatan bantuan alat detektor dan 150 paket sembako untuk warga Dusun Kedung jati ini di hadiri, Camat Imogiri Tri Pujiana APMM, Pj Lurah Ibu Evy siti nur, Kesbang pol Dwi Daryanto MSI, Kasubag serta Kepegawaian Bapak Suraji berjalan lancar. (Humas Polsek Imogiri)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:16

0 komentar:

CB