Pengamanan Prosesi Labuhan Di Pantai Parangtritis

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:32

Personil Polsek Kretek dipimpin Kapolsek Kompol Leo Fasak melaksanakan pengamanan Labuhan di pantai Parangtritis, Kretek. Kamis (20/9/2018) pukul 15.00 wib.

Ritual labuhan yang dilaksanakan oleh Kraton Surakarta Hadiningrat tersebut dipimpin oleh Panembahan Agung Tejo Wulan dan ketua Panitia KPH Adipati Daryonagoro sebagai tindih upacara KP Aryo Reksodiningrat serta diikuti oleh sekira seratus Abdi Dalem.

Adapun Labuhan mempunyai makna dan tujuan untuk Hamemayu Hayuning Bawono atau yang sering kita kenal dengan  "Keselamatan Bangsa dan Negara RI ".

Sedangkan benda atau ubo rampe yang dilabuh adalah Ageman Dalem Kasunanan Surokarto Hadiningrat baik ageman tradisional/jawa maupun pakaian nasional.

Sebelum ubo rampe dilabuh kelaut oleh tim gabungan SAR Dit Pol Air Polda DIY dan SAR parangtritis dilaksanakan upacara dan doa di pantai Parang Endhok yang dipimpin oleh GKR alit.

Seorang wisatawan dari Klaten Jawa Tengah yang rela berbasah kuyup turut memperebutkan ubo rampe yang dilabuh bermaksud ngalap berkah dari Kasunanan Kartosuro Hadiningrat, katanya.

Prosesi labuhan berakhir pukul 18.00 wib, situasi berjalan lancar, aman dan terkendali dengan pengamanan oleh Polsek Kretek, Polres Bantul, Dit Pol Air Polda DIY serta Sat Pol PP Pemda Kabupaten Bantul. (Humas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:32

0 komentar:

CB