Peresmian Desa Wonokromo Jadi Desa Tangguh Bencana (Destana)

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:09

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY meresmikan (launching) Desa Wonokromo, Pleret, Bantul menjadi Desa Tangguh Bencana (Destana), Rabu (05/9/2018).

Acara peresmian diawali dengan gladi lapang (simulasi) penanggulangan bencana gempa bumi 6 SR Desa Wonokromo dengan melibatkan sekitar 100 orang peraga dari warga masyarakat Desa Wonokromo, relawan dan juga TNI/Polri.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Pelaksana BPBD DIY Drs. Biwara Yuswantana M.Si, Kasi Pencegahan BPBD Bantul Teguh Nur Triyono S.ST, Anggota DPRD DIY Komisi A Agus Martono, Camat Pleret M. Alwi SH MH, Kapolsek Pleret diwakili Kanit Binmas Iptu Sukardi, Danramil Pleret Kapten Arm. M. Bambang S, Lurah Desa Wonokromo H. Edy Pudjono SIP MAP, Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Bripka Gunawan dan komunitas relawan.

Desa Tangguh Bencana adalah sebuah desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. Kemampuan ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pascabencana.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Drs. Biwara Yuswantana, M.Si menyampaikan bahwa ketika terjadi bencana, yang merasakan dampak langsung adalah warga masyarakat. Namun diluar itu masyarakat juga menjadi pelaku utama dalam pengurangan resiko bencana dengan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Sesuai dengan tujuan utama dari pembentukan Destana yaitu bagaimana mewujudkan masyarakat Desa di wilayah DIY menjadi masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana, dengan menjalin sinergi yang kuat dalam berbagai pihak, untuk bersama-sama sesuai dengan  potensi, kompetensi dan kapasitas masing-masing mengurangi resiko bencana yang ada di daerah dengan mengetahui ancaman bencana di lokasi setempat.

Peresmian Destana Desa Wonokromo ditandai dengan dilakukannya pelepasan balon ke udara, penandatanganan prasasti oleh Drs. Biwara Yuswantana M.Si dan juga pembukaan selubung papan nama Destana. Selanjutnya acara diakhiri dengan pengukuhan anggota FPRB Desa Wonokromo. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:09

0 komentar:

CB