Polres Bantul Bersama Elemen Masyarakat , Gelar Deklarasi 'Pemilu 2019 Aman Damai dan Sejuk'

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:31

Polres Bantul bersama instansi Pemerintahan lainnya, seperti Kodim 0729/Bantul, Pemda Bantul, KPU dan Bawaslu, serta organisasi masyarakat, tokoh agama, dan sejumlah elemen masyarakat Bantul menggelar deklarasi 'Pemilu 2019 Aman Damai dan Sejuk' di jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan pasar Bantul, Minggu (16/9/2018).

Deklarasi ini turut dihadiri juga oleh Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH, Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Yuswanto, Sekda Bantul Riyantono, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul Johan Komara dan Panwaslu Bantul, Harlina.

Diiringi oleh segenap pemuka agama dan tokoh masyarakat, teks deklarasi pemilu aman damai dan sejuk dibacakan oleh Panwaslu Bantul, Harlina, serta diikuti oleh segenap peserta yang hadir.

Teks deklarasi berisikan lima poin yang menjadi komitmen bersama dalam menyambut pemilu 2019.

Berikut isi lima butir Deklarasi Pemilu Aman Damai dan Sejuk di Kabupaten Bantul.

"Kami tokoh dan elemen masyarakat kabupaten Bantul demi tetap terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif dalam menghadapi pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2019.

1. Bertekad mensukseskan pemilu 2019 yang aman sejuk dan damai di Yogyakarta sebagai ikhtiar membangun Indonesia menjadi lebih sejahtera, adil dan makmur berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dalam bingkai NKRI.

2. Mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilih, guna memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden dan calon anggota DPR RI, DPRD dan DPD yang amanah sesuai hati nurani.

3. Mendukung pemerintah dan penyelenggaraan pemilu untuk mewujudkan pemilu tahun 2019 yang langsung, umum, bebas, jujur, dan adil serta berintegritas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

4. Berkomitmen menolak penggunaan tempat ibadah dan sarana pendidikan sebagai tempat kampanye

5. Menolak bentuk politik uang (money politic) dan kampanye hitam".

Dalam kesempatan ini, Kapolres Bantul, AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH, mengungkapkan bahwa deklarasi Pemilu aman damai dan sejuk merupakan bagian dari ikhtiar kepada Tuhan demi kedamaian dan keamanan Negara, khususnya di kabupaten Bantul.

"Situasi yang aman dan tertib tentu menjadi harapan bersama. Pada pemilu 2019 yang akan datang, saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat Bantul untuk tetap tenang, santun dan tidak mudah terprovokasi," tuturnya.

Sebagai pimpinan tertinggi di Institusi Bhayangkara Bantul, Sahat mengajak kepada seluruh anggota polri, TNI, Ormas, tokoh agama, elemen masyarakat dan seluruh instansi di kabupaten Bantul untuk bersama-sama membantu tugas-tugas kepolisian demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilayah Bantul.

Menurutnya, kebhinekaan hanya dapat terwujud ketika seluruh masyarakat mampu menghargai setiap perbedaan.

Sebab itu, ia berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama tetap menjaga kerukunan dan jangan mudah terprovokasi.

"Pesan saya marilah kita kerjasama, jaga kerukunan, menyongsong pemilu 2019 dengan aman damai dan sejuk," ungkapnya.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:31

0 komentar:

CB