Sosialisasi KDRT Dan Dampak Pernikahan Dini Di Dusun Kintelan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:17

Bhabinkamtibmas Sumbermulyo Bripka Sigit memberikan penyuluhan Sosialisasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Dan Dampak Pernikahan Dini di rumah Bapak Triyono di Dusun Kintelan Sumbermulyo Bambanglipuro, Sabtu(1/9/2018) malam.

Penyuluhan ini dalam rangka menekan tindak  Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan dampak pernikahan dini di wilayah Bambanglipuro.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Tim KKPA Desa Sumbermulyo, tokoh masyarakat dan Ibu - ibu kader PKK Dusun Kintelan sekitar 50 orang.

Kekerasan rumah tangga dan perlindungan terhadap anak tidak lagi menjadi urusan suami - istri yang bersangkutan atau urusan sebuah keluarga. Namun juga menjadi urusan publik, dimana diharapkan setiap kerabat keluarga dan masyarakat dapat ikut serta melakukan pencegahan dan pengawasan agar kekerasan dalam keluarga tidak terjadi.

Bripka Sigit dalam kegiatan tersebut berharap agar kegiatan penyuluhan ini dapat memberikan pengetahuan dan masukan yang lebih mendalam bagi para kader dan masyarakat pada umumnya sehingga mampu meminimalisasi tindak KDRT di wilayah Bambanglipuro.

Kekerasan dalam rumah tangga merupakan bentuk kekerasan berdasar asumsi bias gender tentang relasi laki-laki dan perempuan. KDRT bersumber pada cara pandang yang merendahkan martabat kemanusiaan dan pembakuan peran gender pada seseorang.

Untuk itu, pencerahan atau penyuluhan tentang KDRT itu dirasakan sangat perlu untuk menghindari KDRT yang sebagian besar banyak dialami kaum perempuan dan anak-anak. “KDRT banyak dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai pandangan dan wawasan yang sempit dalam hal membina hubungan keluarga,” tuturnya. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:17

0 komentar:

CB