Bhayangkari Ranting Jetis Ikut Suksekan Pecahkan Rekor Muri Minum Wedang Uwuh

Posted by Humas Polresbantuldiy on 07:37

Ketua Bhayangkari ranting Jetis Ibu M. Sholeh SH. MM dan anggotanya turut sukseskan pecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Minum Wedang Uwuh Massal bersama Bupati Bantul Drs. H Suharsono dan segenap warga kecamatan Jetis di lapangan Desa Trimulyo, Jetis. Minggu tanggal 28 Oktober 2018 pukul 06.00 wib. Event yang diikuti oleh 8.888 peserta digelar bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2018.

Wedang uwuh - yang kerap disebut minuman sampah- merupakan minuman tradisional khas Imogiri yang cukup populer di Yogyakarta. Pada tahun 2017, wedang uwuh ditetapkan menjadi salah satu dari 150 Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Menurut laporan penyelenggara Dwi Karti Handayani, Gebyar UMKM 2018 menggelar berbagai acara diantaranya adalah pameran produk dan seminar, senam massal, serta puncaknya adalah pemecahan rekor MURI minum wedang uwuh secara massal.

"Pemecahan rekor MURI wedang uwuh ini sebagai wujud kami untuk mangayubagyo penetapan wedang uwuh sebagai Warisan Budaya Tak Benda asli Indonesia. Selain itu, kami juga ingin mengajak masyarakat dari berbagai kalangan baik anak muda maupun orangtua untuk ikut melestarikan wedang uwuh," katanya.

Dwi Karti Handayani berharap, semoga event ini akan mendorong munculnya para wirausahawan baru khususnya di Bantul, seperti semangat yang kami usung yakni maju bersama UKM Bantul, mandiri dan inovatif.

Dalam sambutanya Bupati Bantul menyampaikan, Atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul, kami menyambut baik dan merasa bangga serta memberikan apresiasi kepada asosiasi makanan minuman tradisional/Asmamitra Kabupaten Bantul atas segenap usaha dan prakarsanya dslam menyelenggarakan kegiatan ini.

Bupati Bantul menjelaskan bahwa pemecahan rekor MURI dengan cara minum wedang uwuh sebanyak 8.888 ini akan semakin dapat mengangkat dan memperkenalkan wedang uwuh sebagai minuman khas Kabupaten Bantul, sehingga ini juga akan semakin menguatkan identitas dan jati diri kita dengan aneka kuliner unik Warisan Leluhur yang akan juga dapat menjadi daya tarik wisata.

"Kepada para pelaku usaha/pembuat wedang uwuh, lakukan pemasaran secara lebih luas dengan menggunakan fasilitas internet/media sosial serta meyakini apabila kita telaten dan mampu memanfaatkan peluang ini akan menjadi salah satu pintu bagi peningkatan penghasilan keluarga kita," pesan Bupati.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Jetis melaksanakan pengamanan hingga kegiatan berakhir dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Jetis)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:37

0 komentar:

CB