Budaya Keraton Akan Diterapkan Di SMA N 1 Pajangan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:40

Telah berlangsung giat sarasehan Budaya bersama GKR Mangkubumi diwakili KRT Rinta Iswara di pendopo SMA Negeri 1 Pajangan, Senin (29/10/2018) pukul 10.00 wib

Sarasehan dihadiri oleh Kepala sekolah SMA Negeri 1 Pajangan Drs Jamal Sarwana beserta Seluruh Guru dan karyawan, Kasi Humas Polsek Pajangan Aiptu Purnama Eka mewakili Kapolsek Pajangan , serta diikuti seluruh siswa SMA Negeri v1 Pajangan sekitar 400 siswa.

Giat sarasehan mengambil tema dengan semangat sumpah pemuda kita wujudkan budaya Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi karakter siswa diera globalisasi.

Dalam arahanya KRT Rinta Iswara menjelaskan bahwa budaya Keraton pada tahun 2025 akan diterapkan di SMA Negeri 1 Pajangan. Nantinya yang akan diterapkan di sekolah ini diantaranya budaya sopan, juga budaya tata Krama.

Budaya sopan mulai dari tutur kata yang sopan, perilaku yang sopan, bagiamana perilaku kepada sesama murid yang sopan, perilaku kepada Guru yang sopan, perilaku kepada Orang tua yang sopan, dan perilaku di masyarakat yang sopan juga.

Karakter budaya Keraton Ngayogyakarta akan kita lestarikan dalam pendidikan di SMA Negeri 1 Pajangan pada tahu 2025 mendatang.

Acara diakhiri dengan memperagakan cara berpakaian adat Jawa yang benar dengan diberikan contoh oleh beliau Kanjeng Raden Tumenggung Rinta Iswara. Acara berjalan aman dan lancar hingga selesainya pukul 11.30 wib. (Humas Polres Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:40

0 komentar:

CB