Giat Pengajian Personil Polsek Sewon

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:04

Bertempat di mushola Al Ikhalas komplek Mako Polsek Sewon telah berlangsung kegiatan pembinaan rohani kepada personil Polsek Sewon, Selasa (02/09/2018), pagi.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Kapolsek Sewon Kompol Paimun SH, para Kanit, Panit, anggota Polsek Sewon. Dalam sambutannya Kapolsek Sewon menyampaikan terimakasih kepada seluruh personil yang hadir dalam kegiatan ini.

Kapolsek berharap tausiah yang di berikan nanti dapat menambah ilmu dan dapat di diterapkan dalam kehidupan sehari hari, baik dalam bekerja sebagai anggota Polri, maupun sebagai warga masyarakat.

Sementara itu dalam tausiahnya Ustadz Supangat dari Pondok Pesantren Jejeran, Pleret, Bantul menyampaikan Sholat merupakan tiang agama, dan memiliki manfat.

Diantara manfaat sholat adalah sarana taqwiyah (penguatan) jiwa. Dengan menjalankan sholat, jiwa seseorang akan mendapat semangat baru, sebagai peran ‘ubudiyyah (penghambahan) manusia kepada Allah, sesuai dengan peran dasar penciptaan manusia sebagai mahluk Allah.

Sebagai sarana I’tizaz (menumbuhkan harga diri). Dengan sholat, seseorang akan merasa bahwa ia bersandar hanya kepada Zat Yang Maha Segalanya. Sebagai rahah nafsiyyah (rehat jiwa) dan thuma’ninah ruhiyyah (ketenangan rohani). Menjauhkan manusia dari kelalaian yang memalingkan dari tujuan mulianya. Sebagai sarana mendidik orang untuk hubbunnidham (mencintai aturan) dan mengamalkan aturan itu dengan rapi.

Sebagai tarbiyyah khuluqiyyah atau pendidikan moral. Sholat akan menumbuhkan akhlak yang baik dalam menghidupkan alat kontrol kehidupan, bahwa Allah senantiasa mengawasi setiap hamba-Nya. Sholat dapat menumbuhkan jiwa gotong-royong, jiwa persaudaraan, dan kepekaan. Hal ini terjadi karena semua orang yang melaksanakan sholat memiliki derajat yang sama.

Dalam sesi tanya jawab Aiptu Aris Bahtiar selaku panit 2 unit Intelkam Polsek Sewon menyampaikan pertanyaan tentang fenomena kejadian bencana gempa bumi yang terjadi dinegeri ini, dan amalan apa yang harus dilakukan oleh kaum muslin agar terhindar dari bencana.

"Sebagai Gempa bumi dan semisalnya merupakan bencana alam yang menyisakan banyak pengaruh dimana keseluruhannya sebenarnya mengandung kebaikan bagi umat manusia. Kebaikan yang terpendam di balik bencana alam yang menimpa manusia seperti supaya masyarakat tidak lalai dan menjadi mengerti akan kelemahan dan ketidakberdayaannya sehingga tidak lagi berbuat dosa dan kerusakan" jelas Ustadz Supangat. (Humas Polsek Sewon).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:04

0 komentar:

CB