Kapolsek Banguntapan Jadi Irup Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:21

Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH menjadi Irup dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kecamatan Banguntapan, Senin (1/10/2018).

Sementara Ipda Rinto Pamuji SH didapuk menjadi Perwira Upacara dan Aiptu M. Syarifudin menjadi Komandan Upacara.

Upacara diikuti Gabungan personel Polsek dan Koramil, PNS, Guru, Lurah desa berikut Pamongnya, Kelompok PKK darma wanita, Linmas, perwakilan mahasiswa dan pelajar SD-SMA.

Hari Kesaktian pancasila adalah hari dimana Negara Indonesia terselamatkan dari pemberontakan yang dilakukan oleh kalangan Partai Komunis Indonesia (PKI). Peristiwa gerakan 30 September 1965 oleh PKI  menyebabkan jatuhnya korban dari kalangan militer. Tokoh- tokoh tersebut ditetapkan sebagai pahlawan revolusi Indonesia pada 5 Oktober 1965 (pada perkembangannya pemerintah RI menetapkan tokoh-tokoh tersebut sebagai pahlawan nasional pada tahun 2009).

Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa pengertian kesaktian pancasila adalah hari dimana Republik Indonesia dapat diselamatkan dari pemberontakan PKI. Dengan terungkapnya kasus penculikan yang dilakukan oleh PKI maka secara cepat dan sigap pemerintah Indonesia memutuskan untuk memberantas para pelaku penculikan dan otak dari peristiwa kriminal tersebut.

Dengan dapat diberantasnya PKI dan para antek-anteknya maka kondisi Indonesia perlahan mulai kondusif dan kembali aman meskipun masih selalu membekas pada rakyat Indonesia. Mulai saat itu pula tiap-tiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari kesaktian pancasila.

Upacara berlangsung dengan khidmat, dan pengamanan lokasi dari jajaran lalu lintas Polsek Banguntapan. (Humas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:21

0 komentar:

CB