Pengamanan Kirab Jodhang Dan Jamasan Selo Gilang Merti Dusun Tahun 2018 Di Petilasan Ki Ageng Mangir

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:06

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah, SAP bersama Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Sunaryo dan Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Suprihandono, SH menghadiri acara kirab Jodhang dan Jamasan Selo Gilang Merti Dusun tahun 2018 di petilasan Ki Ageng Mangir Dusun Mangir Tengah RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Senin malam (1/10/2018).

Kirab Jodhang mengambil tema "Mikul Dhuwur Mendhem Jero Ki Ageng Mangir Wanabaya” diikuti 13 RT se dusun Mangir Kidul dan Mangir Tengah dan Mangir Lor.

Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST dalam sambutannya mengatakan ucapan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Mangir yang membantu dan turut serta dalam acara Merti Dusun ini. Merti Dusun menjadi agenda rutin setiap tahun, 3 Dusun mangir yakni Mangir Kidul, Mangir Tengah dan Mangir Lor menjadi satu. Acara diawali dengan mengadakan ziarah kubur ke makam Ki Ageng Mangir Wanabaya di Sorolaten. Berbagai potensi seni budaya akan kita tampilkan untuk menjaga dan melestarikan seni budaya.

Tema Mikul Dhuwur Mendhem Jero Ki Ageng Mangir Wanabaya kita maksudkan untuk memberikan penghormatan sebagai warga Mangir bisa menjaga hal hal yang kurang baik dan mengangkat kebaikan Ki Ageng Mangir Wanabaya. "Saya berpesan kepada warga Mangir untuk menjaga peninggalan peninggalan Zaman Ki Ageng Mangir Wanabaya, apabila menemukan benda benda pusaka agar dikumpulkan di Pokdarwis Mangir akan didata. Jangan sampai benda benda sejarah di Mangir dijual keluar dari Mangir mari kita jaga bersama-sama", tutur Muhammad Irwan Susanto, ST.

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah, SAP mengucapkan selamat kepada Mangir Bersatu atas terselenggaranya Merti Dusun Mangir tahun 2018. Dengan Merti Dusun ini kita harus bisa bersih lahir dan bathin untuk menjadikan Mangir maju, berkembang dan sejahtera", katanya.

Hadir dalam acara ini DPRD DIY Suharwanto, ST, Kepala Dinas Kab. Bantul Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos, Camat Pajangan, Danramil Pajangan dan semulah tamu undangan.

Acara diakhiri dengan pengajian oleh KH. Iip Syaifullah Muhammad, hingga selesainya acara situasi kondusif aman dengan mendapat pengamanan dari Polsek Pajangan dibantu Koramil serta Linmas. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:06

0 komentar:

CB