Pengamanan Tasyakuran Nelayan Di Pantai Depok

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:55

Ungkapkan rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang melimpah, nelayan pantai Depok Parangtritis Bantul kembali menggelar tasyakuran di Halaman Parkir TPI Mina Bahari 45. Ribuan wisatawan tampak memadati kawasan pantai Depok Bantul. Senin (1/10/2018)

Menurut Ketua Panitia Tasyakuran Nelayan Tarmanto, rangkaian acara seperti arak-arakan bregodo dengan gunungan berupa hasil bumi dan olahan ikan, labuhan, pembagian 6000 takir gratis bagi pengunjung dan puncaknya di malam hari diadakan pentas seni wayang kulit bersama Ki Geter Pramuji Widodo dengan lakon Bolodewo Polojoyo.

Kegiatan yang berawal di tahun 1998 hingga kini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pantai Depok, tujuan utama dilaksanakan acara ini adalah sebagai simbolik rasa bersyukur kepada Allah swt akan pemberian rezeki yang berkah dan keselamatan dalam melaut, sekaligus melestarikan budaya.

Hal senada diungkapkan pula oleh Drs. Dahroni, MM, dari Dinas Kebudayaan (Disbud) Bantul, acara labuhan ini merupakan upaya melestarikan atau nguri-uri kebudayaan para leluhur, Disbud Bantul senantiasa memfasilitasi kegiatan di maksud, selain labuhan gelaran seperti Merti Dusun juga mendapat dukungan. " Dengan kucuran dana keistimewaan ditahun-tahun ini dan mendatang, kami tentunya lebih banyak mengakomodir even-even budaya, " terangnya.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Drs. Bambang Legowo, M.Si, yang hadir mewakili Bupati Bantul, mengapresiasi acara budaya hari ini, semoga di tahun-tahun mendatang lebih baik lagi penyelenggaraannya. " Kemasan yang menarik dan kolaboratif seni tradisional dan modern diharapkan bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, " ucapnya.

Kegiatan berakhir dalam keadaan aman tertib dengan pengamanan dari personil Polsek Kretek. (Humas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:55

0 komentar:

CB