Personel Polsek Jetis Ikuti Upacara Hari kesaktian Pancasila

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:43

Personel Polsek Jetis mengikuti Upacara Hari kesaktian Pancasila di halaman Kantor Kecamatan Jetis, Senin (1/10/2018).

Danramil Jetis Kapten Stefanus Sunarno bertindak sebagai Irup dalam upacara tersebut dan diikuti oleh personel TNI, Polri dan ASN, Lurah beserta Pamong Desa se Kecamatan Jetis, perwakilan pelajar SD, SMP dan SMA, Anggota Linmas, FPRB dan RAPI se Kecamatan Jetis.

Dalam kesempatan tersebut Inspektur Upacara membacakan amanat Gubernur DIY. Dalam amanatnya Gubernur DIY mengatakan dalam rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila maka kita dapat menggali sejarah perkembangan bangsa yaitu tepatnya pada tgl 1 Juni 1945 Ir Sukarnno mengusulkan Pancasila sebagai dasar filsafat negara.

Selama itu pancasila telah dipandang sebagai sistem moral, politik dan ideologi nasional, namun kemudian pada tanggal 30 September 1965 munculah gerakan 30 September atau disebut  G 30 S PKI, pemberontakan ini merupakan usaha mengubah Pancasila menjadi ideologi komunis. Pada hari itu, telah gugur 6 pahlawan sebagai upaya kudeta, namun dengan adanya kesadaran untuk mempertahankan Pancasila upaya tersebut dapat digagalkan.

Pancasila adalah jatidiri bangsa indonesia sebagai filsafat dan alat pemersatu bangsa yang majemuk. Hal ini sekiranya telah sejalan dengan tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini yaitu “Pancasila Landasan Kerja Mencapai Predtasi Bangsa". (Humas Polsek Jetis)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:43

0 komentar:

CB