Personel Polsek Sedayu Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:18

Personel Polsek Sedayu mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertempat di halaman Kantor Kecamatan Sedayu, Senin (1/10/2018).

Camat Sedayu Drs. Fauzan Muarifin bertindak sebagai Irup dalam upacara tersebut. Sementara Aiptu Alip Subana ditunjuk sebagai Perwira Upacara dan Serma Jujuk bertindak sebagai Komandan Upacara.

Dalam amantannya, Irup yang membacakan amanat Gubernur DIY mengatakan dalam rangka peringatan hari kesaktian pancasila tahun 2018 DIY, kali ini maka kita dapat menggali kembali sejarah perkembangam bangsa yaitu bahwa tepatnya pada tanggal 1 Juni 1945 Ir Sukarno telah mengusulkan dasar falsafah negara Indonesia yang istilahnya diperoleh dari ahli bahasa Mr. Muh. Yamin sebagai Pancasila.

Selama itu pula, Pancasila telah dipandang sebagai sistim filsafat, etika moral, politik dan ideologi nasional. Namun kemudian pada tanggal 30 September 1965 munculah gerakan 30 September atau G30S PKI.

Pemberontakan ini merupakan wujud usaha mengubah pancasila menjadi ideologi komunis, pada hari tersebut ada 6 jenderal dan beberapa orang lainnya telah dibunuh sebagai upaya kudeta, namun berkat adanya kesadaran untuk mempetahankan Pancasila maka upaya tersebut mengalami kegagalan. Selanjutnya pada tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila. (Humas Polsek Sedayu)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:18

0 komentar:

CB