Polres Bantul Gelar Apel Ormas dan Relawan Dalam Rangka Pemilu Damai

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:22

Ratusan anggota Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Relawan di Kabupaten Bantul mengikuti Apel Ormas dan Relawan Tingkat Polres Bantul Tahun 2018 bertempat di Mapolres Bantul, Rabu (10/10/2018).

Ormas dan Relawan yang yang hadir antara lain Banser, Kokam, Laskar Sayidina Ali, Senkom, Paksi Katon, Sena Putra, FKPM, Saka Bhayangkara, Pemuda Khatolik, Sako Pramuka LDII, Rapi, Faki, IKKJ dan SAR.

Apel dalam rangka mewujudkan Pemilu damai ini merupakan bentuk kemitraan antara Polres Bantul dan Ormas serta Relawan di Kabupaten Bantul dalam penyelenggaraan keamanan kewilayahan jelang pelaksanaan Pilurdes, Pileg dan Pilpres 2019.

“Pada bulan September tahun 2018 Bangsa Indonesia memasuki tahap yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu dimulainya tahapan Pemilu 2019,” kata Kapolres Bantul Sahat Marisi Hasibuan SIK MH dalam sambutannya saat memimpin jalan apel.

Mengingat arti penting dan strategisnya Pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan dan pemerintahan serta pembangunan dalam mencapai tujuan  nasional, maka pada konteks inilah manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif sangat dibutuhkan, salah satunya yaitu dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama yang sinergis dengan penyelenggara Pemilu, TNI, seluruh komponen masyarakat  dan  mitra kamtibmas lainnya, agar pelaksanaan Pilurdes, Pileg dan Pilpres dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis. Dengan demikian diharapkan, pemantapan demokrasi dapat terwujud, serta menjadi landasan menuju Bantul yang makmur dan  sejahtera.

“Perlu dicermati, pada setiap tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 nanti tentunya akan muncul berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius kita semua untuk diantisipasi sejak dini agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pemilu tersebut,” tambahnya.

Ditambahkan, berbagai potensi kerawanan tersebut, dapat berupa pelanggaran tindak pidana Pemilu, termasuk tindak pidana  umum dan terorisme. Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan mampu menjaga serta meningkatkan harmonisasi keterpaduan kerjasama serta soliditas yang selama ini telah terjalin, baik antar pemerintah, instansi terkait, organisasi kemasyarakatan maupun dengan seluruh komponen masyarakat untuk menciptakan iklim kondusif di tengah masyarakat. Terutama dalam rangka mengambil langkah untuk mengantisipasi munculnya riak-riak pada setiap tahapan Pilurdes, Pileg dan Pilpres

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Bantul mengajak seluruh anggota Ormas dan Relawan yang hadir untuk meningkatkan, mempertahankan jiwa patriotisme, nasionalisme kebangsaan  dalam kehidupan berbangsa, bernegara dalam bingkai NKRI serta meningkatkan kesadaran toleransi bermasyarakat, dalam memantapkan kehidupan demokrasi yang sehat dan bermartabat yang bermanfaat bagi masyarakat dengan mengutamakan implementasi empat pilar kebangsaan.

Kapolres juga mengajak agar masing-masing menghormati keanekaragaman / kebhinekaan yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia dengan menjaga dan mencintai nilai-nilai budaya Yogyakarta  khususnya dan  nilai nilai budaya nasional umumnya dan menjadikanya sebagai pondasi kehidupan, sehingga tidak terpengaruh dan luntur oleh  globalisasi dari luar.


Tak lupa Kapolres juga meminta agar anggota Ormas dan Relawan untuk meningkatkan integritas nasional dengan pedoman Pancasila sebagai ideologi dan inspirasi untuk membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun, damai dengan mengutamakian kepentingan nasional diatas kepentingan pribadi dan golongan. Serta meningkatkan kemitraan  antara Polri, TNI, Pemerintah Daerah, Ormas, LSM, Kepemudaan dan seluruh komponen masyarakat sesuai peran dan fungsinya masing masing dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dalam negri yang aman dan kondusif.

“Pada akhirnya saya hanya mengimbau kepada seluruh peserta apel marilah bersama-sama kita menciptakan Bantul yang aman dan jauh dari segala bentuk gangguan kamtibmas,” pungkasnya.

Setelah pelaksanaan apel, anggota Ormas dan Relawan membacakan ikrar anggota Ormas dan Relawan terkait perkembangan kamtibmas, yaitu siap menjaga keutuhaan NKRI, siap bekerja sama dan mendukung tugas-tugas Polri, serta siap menciptakan Pemilu damai di wilayah Kabupaten Bantul. (Humas Polres Bantul)

Vidoe Ikrar Ormas dan Relawan Kabupaten Bantul



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:22

0 komentar:

CB