Sosialisasi Dan Pemberdayaan Linmas Kec Pajangan Dalam Rangka Mensukseskan Pemilu Tahun 2019

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:09

Telah berlangsung sosialisasi dan pemberdayaan Linmas se Kecamatan Pajangan dalam rangka mensukseskan pemilu tahun 2019 yang aman, damai dan sejuk di aula Balai desa Guwosari, Selasa (30/10/2018) pukul 08.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Kanit binmas Polsek Pajangan Ipda Sunaryo mewakili Kapolsek, Danramil Pajangan Kapten Sarmin, Kepala bidang linmas Pol PP Kabupaten Bantul  Bapak Tri Budiarto S. Stp mewakili Kasatpol PP, Komisioner KPU Kabupaten Bantul Ketua Devisi Hukum Bapak Westri Widodo, Kasipem desa Guwosari Bapak Taufik, anggota linmas se Kecamatan Pajangan lebih kurang 60 orang .

Carik desa Guwosari dalam sambutannya mengajak, marilah kita sebagai linmas ikut mensukseskan pemilu 2019 sesuai dengan tugas linmas semaksimal mungkin. Dimana saat pemilu linmas akan bertugas di Balai desa dan di TPS.

Pemateri sesi 1 oleh Kepala bidang linmas Bapak Tri Budiarto SSTP, menyampaikan pertama kami sampaikan terima kasih kepada bapak bapak linmas yang berkenan hadir memenuhi undangan kami.

Linmas bertugas membantu menciptakan kondisi kamtibmas yang aman dalam masyarakat lebih lebih dalam hajatan bangsa Indonesia dalam pemilu 2019 mendatang.

Sesuai permendagri no 84 tahun 2014 tugas fungsi Linmas yaitu membantu penanganan bencana, membantu ketertiban umum, membentu keamanan masyarakat dan membantu  pertahanan negara. Secara khusus dalam pemilu 2019 mendatang maka linmas akan menyatu di TPS karena Polri dalam hal ini tidak boleh mendekat dalam radius 50 meter.

Di kecamatan Pajangan linmas akan mengamankan 123 TPS dengan rincian desa Guwosari sejumlah 44 TPS  Sendangsari 39 , dan desa Triwidadi 40. Juga saat penghitungan suara linmas harus netral dan ikut menciptakan suasana sejuk dan damai. Setelah selesai penghitungan maka tugas utama linmas adalah mengawal kotak suara, bukan membawa kotak suara.

Kami pesankan juga dalam memberikan informasi kepada masyarakat adalah benar dan akurat, jangan termakan oleh berita hoax dan ujaran kebencian .

Pemateri ke-2 disampaikan oleh komisioner KPU, Westri Widodo yang bertugas keseharian sebagai Ketua Divisi Hukum KPU Kabupaten Bantul. Tentu dan pasti setiap TPS akan ada 2 linmas. Partai peserta pemilu yang harus kita pahami adalah 16 Partai ditambah 4 partai khusus Aceh. Pemilu 2019 adalah pemilu pertama kali yang dilaksanakan serentak pada Rabu 17 April 2019, serentak mulai dari Pilpres, DPR-RI, DPRD I, DPRD II, dan DPD, sehingga ada 5 kertas suara.

Data statistik partisipasi pemilih akan terus disempurnakan sampai Desember 2018. Gerakan yang dilakukan KPU diantaranya gerakan melindungi hak pilih mulai dari tingkat desa.

Pajangan Masuk Dapil 5 (Pajangan, Pandak, Srandakan, Sanden) yang akan memperebutkan 7 kursi. DPD yang akan diperebutkan di DIY adalah 4 kursi. Kampanye Rapat umum mulai 24 Maret 2019 sampai 13 April 2019 ini yang sangat rawan perlu pengamanan ekstra.

Tugas linmas dalam pemilu diantaranya menjaga keamanan dan ketertiban selama masa tahapan pemilu, melaksanakan sosialisasi tahapan pemilu, melaksanakan pendidikan pemilih bagi masyarakat, merawat hak pilih warga masyarakat, serta sebagai Petugas keamanan TPS. Acara selesai pukul 11.00 wib berjalan aman . (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:09

0 komentar:

CB