Waka Polres Bantul Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:05

Wakil Kepala Kepolisian Resor Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo SIK MH menjadi Irup dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman Mapolres Bantul Hari ini, Senin (29/10/2018).

Upacara diikuti seluruh pejabat, Kapolsek jajaran, Anggota/ASN, Polwan  dan perwakilan Polsek jajaran Polres Bantul.

Dalam kesempatan itu, Waka Polres Bantul membacakan amanat Kapolres Bantul Sahat Marisi Hasibuan SIK MH.

Disebutkan, hari ini Bangsa Indonesia memperingati momen bersejarah, yakni hari ini, tepatnya 90 tahun lalu, para pemuda Indonesia menggelorakan Sumpah Pemuda.

“Kita tentunya patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda.   Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk Bangsa Indonesia,” katanya.  

Dalam sebuah kesempatan Presiden Republik Indonesia yang pertama Bung Karno pernah menyampaikan: jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda.   Kalau sekedar mewarisi abu saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air.   Tapi bukan itu tujuan akhir. Pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia.

“Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan.  Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.  Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita.  Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan.  Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan indonesia adalah segala-galanya , jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan apalagi golongan,” tegasnya.

“Mari kita pupuk persatuan dan kesatuan Indonesia.  Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa.   Kebangkitan pemuda terus kita gelorakan, sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:05

0 komentar:

CB