Babinkamtibmas Desa Tamantirto Ikuti Deklarasi 5 Pilar dan Jalan Sehat di Gedung Serbaguna Sarwoguno

Posted by Humas Polresbantuldiy on 02:30

Babinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH mewakili Kapolsek Kasihan Akp Y. Tarwoco Nugroho, SH menghadiri  Deklarasi 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dan Jalan Sehat di Gedung Serbaguna Sarwoguno, Dusun Rukeman, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Minggu  (18/11/2018) pukul 06.10 wib.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Puskesmas Kasihan 1 berkerja Desa Tamantirto dan Bangunjiwo serta Masyarakat dalam rangka persiapan lomba melaksanakan Germas yang di mana dusun Gatak bebas Asap Rokok, kegiatan di isi dengan jalan sehat serta senam masal.

Strategi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah upaya dalam rangka percepatan peningkatan akses terhadap sanitasi dasar di Indonesia sebagaimana tercantum dalam  RPJMN  tahun 2015-2019 adalah tersedianya universal access atau cakupan akses sebesar 100%  untuk air minum dan juga sanitasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.STBM merupakan suatu pendekatan untuk mengubah perilaku higine dan sanitasi melalui pemberdayaan dengan metode pemicuan, untuk sanitasi total di komunitas dengan pendekatan 5 Pilar STBM, yaitu ; 1.  Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS);  2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS);  3. Pengelolaan Makanan dan Minuman Rumah Tangga (PAM-RT); 4. Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PS – RT); serta 5. Pengamanan limbah cair rumah tangga (PLC-RT).

Hadir dalam Deklarasi 5 Pilar dan jalan sehat   Camat Kasihan Drs. Susanto, MPA,  PJ lurah Tamantirto, Suparmadi , SIP. M.Si.,  Kapolsek Kasihan di Wakli Bhabinkamtibmas Tamantirto, Babinsa,  Kepala Puskesmas Kasihan I Ibu dr. Ratna Ikawati,  Perwakilan Tripika Kecamatan Kasihan,  Forkom Desa Tamantirto, Kader PKK,  dan undangan. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:30

0 komentar:

CB