BNN Mendadak Lakukan Tes Urine Anggota Polres Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:41

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bantul melakukan tes urine terhadap ratusan anggota Polres Bantul secara mendadak, Kamis (1/11/2018).

Waka Polres Bantul, Kompol Ahmad Nanang Wibowo SIK MH menegaskan akan memberi sanksi pada anggota jika dari hasil tes urine ini ada anggota polisi yang ditemukan positif menggunakan narkoba.

“Jika memang (positif) memakai, kami akan memproses seusai prosedur, mulai tahapan tindakan disiplin, proses disiplin, sidang disiplin hingga pada kode etik bahkan pidana. Sanksi yang akan kami jatuhkan tergantung sejauh mana keterlibatan unsur pidana yang menjerat bersangkutan,” tegasnya.

Ditambahkan, anggota Polri sebagai penegak hukum, sudah menjadi kewajiban mematuhi seluruh peraturan yang berlaku, termasuk urusan narkoba.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bantul Arfin Munajah SE MM menyebutkan, tes urine ini dilakukan secara mendadak untuk mengantsipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan anggota Polri khususnya Polres Bantul.

“Apabila dalam pemeriksaan nanti ada anggota yang hasil tesnya positif, maka akan dilakukan tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” terangnya saat memimpin proses pemeriksaan urine.

Dalam pemeriksaan, anggota yang melakukan pemeriksaan diminta untuk memasukkan urine mereka ke dalam botol kecil di toilet. Selanjutnya urine tersebut diserahkan kepada petugas untuk diperiksa. Proses memasukkan urine kedalam botol di toilet mendapat pengawasan ketat dari petugas Provost Polres Bantul.

Sampel urine tersebut langsung diperiksa di tempat dengan menggunakan alat pendeteksi Rapitest dan hasilnya langsung dapat diketahui.

Alat pendeteksi Rapitest ini dapat mengidentifikasi enam parameter zat yang terkandung dalam sampel urine, yaitu Amphetamine (narkoba jenis ekstasi , ineks, eve , speed), THC (narkoba jenis ganja atau cannabis), Morphine (narkoba jenis putauw , candu), Methamphetamine (sabu-sabu), Benzo dan Cocain. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:41

0 komentar:

CB