Deklarasi 5 Pilar STBM Dan Senam Bersama Muspika Di Halaman Desa Palbapang Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:30

Kapolsek Bantul Kompol Munawar Sam SH beserta anggotanya menghadiri giat deklarasi 5 pilar STBM dan senam bersama muspika di Halaman Desa Palbapang Bantul, Jum'at, 02 November 2018 pukul 07.30 WIB.

Kegiatan dihadiri oleh Muspika Bantul, Lurah se Kecamatan Bantul, Perangkat Desa se Kecamatan Bantul, Instansi terkait se Kecamatan Bantul.

Sambutan Camat Bantul Bpk Sunarso SH M.Si menyampaikan selamat datang kepada peserta senam bersama pada pagi hari ini di Desa Palbapang Bantul. Sulitnya akses air bersih dan sanitasi yang buruk memicu munculnya penyakit berbasis lingkungan seperti diare kronik dan stunting. Pemerintah mencanangkan 5 pilar dalam program Sanitasi Total Berbasis Lingkungan (STBM) untuk mengurangi penyakit tersebut.

5 pilaritu, yakni berhenti buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Terkait dengan pendekatan keluarga, lima pilar ini adalah pendekatan untuk perubahan perilaku masyarakat. Tujuannya untuk menurunkan penyakit yang berbasis lingkungan. Termasuk juga stunting akibat diare kronik yang disebabkan kekurangan gizi, Dampaknya, pertumbuhan tubuh terganggu,'

Kami percaya kepada masyarakat bisa melaksanakan program pilar sanitasi dan kami siap menjadi contoh masyarakat.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan deklarasi dan senam bersama. Kegiatan diikuti 300 peserta senam berlangsung dengan situasi aman dan terkendali. (Humas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:30

0 komentar:

CB