Desa Baturetno Masuk Enam Besar Sebagai Desa Siaga Aktif Kabupaten Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 07:25

Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawatdaruratan serta kesehatan secara mandiri. Tujuan umum dari terbentuknya desa siaga ini adalah terwujudnya masyarakat desa yang sehat, peduli, dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya.

Selasa (6/11/2018) Bertempat di Balai Desa Baturetno dan pedukuhan Mantup sebagai titik lokasi sample, dilaksanakan evaluasi kunjungan lapangan Desa Siaga Aktif oleh Tim Evaluasi Kabupaten Bantul yang dipimpin langsung oleh Ibu Hj. Erna Suharsono selaku Ketua TP. PKK Kabupaten Bantul.

Dalam acara ini turut hadir dari jajaran Muspika Banguntapan, Kapolsek Banguntapan, Jajaran Pamong Desa Baturetno, Pendamping Desa, TP. PKK Kecamatan Banguntapan, PKK Desa Baturetno, serta sejumlah kader terkait. Kunjungan Tim Evaluasi ini sebagai tindak lanjut atas masuknya Desa Baturetno dalam enam besar Desa Siaga se Kabupaten Bantul, kemudian nantinya dari hasil evaluasi ini akan diambil Juara.

Perlu diketahui, Desa Baturetno sendiri memiliki berbagai program kerja sebagai Desa Siaga diantaranya, Pemantauan Ibu Hamil, KP Ibu menyusui, Posyandu Lansia dan Balita, Gertak PSN Mandiri, Penyuluhan PHBS, serta Posbindu dan Bina-bina. Selain itu yang menarik perhatian ialah kegiatan inovasi di Desa Baturetno yakni fasilitasi Ambulance desa, Pembekalan petugas ambulance, Bank Darah, Budidaya Warung Hidup dan Toga, serta Pembentukan dan peningkatan kapasitas FPRB Desa Baturetno. Semoga nantinya dengan berbagai program dan inovasi yang telah dijalankan tersebut mampu menghantarkan Desa Baturetno sebagai Juara dalam Desa Siaga Aktif Kabupaten Bantul. (Humas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:25

0 komentar:

CB