Dir Binmas Polda DIY Jadi Irup Pembukaan Peningkatan Kemampuan Anggota Senkom Mitra Polri DIY Di Sanden

Posted by Humas Polresbantuldiy on 16:23

Senkom Mitra Polri DIY mengadakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Anggota Senkom Mitra Polri DIY di Dewaruci, Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Sabtu (17/11/2018) pukul 09.00 Wib.

Upacara pembukaan Peningkatan Kemampuan Anggota Senkom Mitra Polri DIY dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Dir Binmas Polda DIY Kombespol Rudi Heru Susanto mewakili Kapolda DIY, Ketua Umum Senkom Indonesia H.M. Sirot, SH., M.Hum, Ketua Umum Senkom DIY Budi Hartono, S.Kom, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Wakapolres Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo, SIK., MH.

Ketua panitia pelaksana dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan personil Senkom Mitra Polri diikuti oleh 230 orang yang berasal dari perwakilan dari seluruh Kabupaten dan Kota se-DIY. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan adalah dalam rangka menegakkan dan teguhnya kedaulatan NKRI dan peningkatan kapasitas Senkom DIY.

Dir Binmas Polda DIY Kombespol Rudi Heru Susanto selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Kapolda DIY antaralain menyatakan bahwa tujuan dari Senkom Mitra Polri adalah turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat, turut serta membantu tugas dan kerjasama dengan unsur pemerintahan.

Kerjasama Polri dengan Senkom sudah terlaksana sejak lama. Dalam mewujudkan Yogyakarta yang aman dan nyaman dalam menghadapi pemilu 2019 maka peran serta Senkom sangat diperlukan. Polda DIY memberikan apresiasi terhadap kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan selama dua hari, dengan tujuan mulia yaitu turut serta dalam menjaga keutuhan NKRI.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam arahannya berharap bahwa pelaksanaan pelatihan di area pantai dapat menjaga dan merawat serta mencintai laut Indonesia. Senkom adalah organisasi massa yang mengedepankan pengamanan swakarsa untuk membantu Kepolisian dalam menghadapi masalah sosial setempat yang sering menimbulkan permasalahan kamtibmas.

Fungsi dari Senkom adalah membantu tugas Kepolisian juga mendukung pemolisian masyarakat. Peningkatan kemampuan Senkom diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam upaya turut serta menegakkan kedaulatan NKRI. Upaya menciptakan masyarakat tertib dan menjauhi tindakan melawan hukum juga merupakan tugas semua aspek masyarakat. Modal sosial masyarakat Yogyakarta yaitu guyub rukun semoga dapat terus terjaga dan ditingkatkan sebagai modal dalam turut serta menjaga persatuan dan persatuan bangsa, ujar Gubernur DIY.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dengan materi hari pertama berupa materi kelas yaitu kamtibmas, wawasan kebangsaan, rescue. Sedangkan hari kedua dengan materi lapangan berupa PBB, game, wawasan Senkom dan tata cara penggunaan sarana komunikasi HT. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 16:23

0 komentar:

CB