Kampanye Sadar Wisata Tahun 2018 Di Desa Wisata Kalakijo

Posted by Humas Polresbantuldiy on 05:33

Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan Kampanye Sadar wisata tahun 2018 di desa wisata Kalakijo, Guwosari, Pajangan,  Kabupaten Bantul, Rabu (7/11/2018) pukul 10.00 wib.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Propinsi DIY Bapak Aris Riyanto M.Si, Komisi B Bidang Pariwisata DPRD Propinsi DIY Bapak Joko Purnomo SE. MM., Danramil Pajangan Kapten Sarmin, Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah SAP, Sekcam Pajangan Bapak Subarta S.Sos, Lurah Sendangsari Muh Irwan Susanto ST, Kasi pelayanan Desa Guwosari dan Desa Triwidadi, Pengurus Pokdarwis se kecamatan Pajangan lebih kurang 25 orang.

Paparan pertama diberikan oleh Komisi  B DPRD Propinsi DIY Bapak Joko Purnomo SE MM,  Kita semua  sepakat ending dari kampanye sadar wisata ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor wisata. Kami selaku Komisi B yang membidangi Pariwisata bersama pemerintah khususnya Dinas Pariwisata bersama Forkompinca yang didalamnya ada Kecamatan, Pamong desa, Pokdarwis , Tokoh masyarakat yang peduli wisata, bagaimana kami semua bisa mengangkat sektor  wisata khususnya di Pajangan.

Acara ini diharapkan akan dapat merumuskan bersama semua lini instansi dan masyarakat peduli wisata yang sepakat  satu visi yang akan menjadi bahan acuan dewan dan dinas pariwisata mengambil program program pemerintah.

Adapun destinasi yang ada di wilayah Pajangan seperti petilasan Mangir, Jurang Pulosari, Sendang kunden, sendang Ngembel, obyek wisata Banyunibo, sendang angin angin di Triwidadi, bendung/dam Kamijoro yang akan menjadi jargon Pajangan. Di Kalisoko ada petilasan dimana Kuda Pangeran Diponegoro hilang di tempat itu. Dukungan masyarakat  untuk memajukan sektor wisata sampai ada warga yang mewakafkan tanahnya di puncak gunung seluas  1000 meter yang ada di  dusun jambean untuk kemajuan pariwisata, di Guwosari ada Goa Selarong yang perlu ada sentuhan khusus supaya dapat maju dan hidup, Juga Tanah sebelah Timur LP Pajangan yang siap dijadikan lahan Parkir yang luas, yang nantinya akan dinamakan Alun alun Guwosari, potensi lain yaitu di dusun kentolan Lor ada puncak yang bisa melihat kota Bantul dari ketinggian .

Dari semua yang hadir mari kita berbicara satu visi "PAJANGAN GUMREGAH" mari majukan wisata di wilayah Pajangan bukan kampung saya, bukan dusun saya , tapi mari majukan Pajangan, imbuh Bapak Joko.

Kadis Pariwisata Propinsi DIY  Ir.  Aris Riyanta MSi, Pariwisata adalah keberhasilannya yg tidak bisa mandiri, tapi harus semua dinas dan instansi saling mendukung . Di Pajangan Infra struktur sudah bagus, even budaya seni masyarakat juga harus mendukung. Untuk mendukung pengembangan destinasi wisata maka yang terpenting dipikirkan adalah kepuasan pengunjung juga kepuasan masyarakat sekitar. Maka yang harus dikembangkan adalah yang beda dengan tempat lain dan unik , dan pajangan akan diangkat menjadi slogan "Pajangan Bumi Mataram" mohon disiapkan dengan matang sebagai konsepnya. Intinya mari kita semua bersinergi sesuai peran masing masing untuk mengangkat Pajangan menjadi destinasi wisata yang maju.

Acara diakhiri pukul 12.30 wib berjalan dengan lancar. (Humas Polsek Pajangan)



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 05:33

0 komentar:

CB