Kanit Binmas Polsek Imogiri Sosialisasikan Saber Pungli Di Dusun Nawungan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:20

Kanit Binmas Polsek Imogiri AKP Haryono mensosialisasikan saber pungli di dusun Nawungan, Selopamioro ,Imogiri, Bantul, Selasa 27 November 2018 jam 20.30 wib.

Saber pungli adalah singkatan dari Sapu bersih Pungutan liar. Satgas Saber Pungli di bentuk sesuai Perpres No 81 tahun 2016 dan di Bantul khususnya telah terbentuk Sesuai Kepbub No 401 th2016  tanggal 8 November 2016. Dimana sasarannya dibentuknya tim saber pungli adalah Intansi penegak hukum, intansi diluar, penegak hukum, calo, preman, dan organisasi kemasyaràkatan, jelas AKP Haryono.

AKP Haryono juga msnjelaskan beberapa pasal yang terkait dengan tugas tim saber pungli dan memberikan contoh tentang pungli seperti parkir liar yang menarik retribusi, memberi imbalan kepada petugas yang bekerja dipemerintahan, percaloan dan lain lain.

Pungli telah merebak diberbagai instansi pemerintahan dan layanan masyarakat dinegri ini. Seolah praktek pungli menjadi sebuah kebiasaan untuk melancarkan berbagai urusan. Asumsi itu pada akirnya berkembang dimasyarakat. Jika urusan ingin lancar, pemikiran ini tentu saja merusak mental bangsa ini. bahkan pemikiran ini pula yang pada akirnya menghambat negri ini untuk maju.

Bayangkan berapa ribu perusahaan dinegri ini yang tidak dapat beroprasi, hanya karena urusan dokumennya tetunda. Atau berapa ratus anak berkualitas kehilangan haknya untuk mendapatkan bangku sekolah. Ini tentu saja tidak bisa dibiarkan. Jika pungli terus dibiarkan dan berkembang , bisa jadi korupsi menjadi budaya dinegri tercinta ini. Karena pungli adalah cikal bakal dari korupsi, jelas AKP Haryono.

Maka dikesempatan ini AKP  Haryono mengajak kepada segenap warga khususnya kelompok tani Lestari Mulyo untuk bersama2 ikut mengawasi dan melaporkan kepada tim saber pungli dikabupaten Bantul bila mana melihat ataupun mengalami hal yang bersangkutan dengan pungli. (Humas Polsek Imogiri)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:20

0 komentar:

CB