Kapolsek Pajangan Hadiri Loka Karya Mini Lintas Sektor

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:46

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah SAP menghadiri Loka Karya mini Lintas sektor yang diselenggarakan oleh Puskesmas Pajangan, Rabu (31/10/2018) pukul 09.00 wib bertempat di warung makan Ingkung ayam jowo "Sor Sawo" Dusun Kalakijo RT 03 Guwosari Pajangan Bantul.

Hadir dalam acara ini Camat Pajangan Drs Sambudi Riyanto, Kapolsek Pajangan Akp SRI BASARIAH SAP , Kanit Intel Polsek Pajangan Aiptu Joko Suparno, Danramil  Pajangan Kapten Sarmin, Ketua Rapi Pajangan Bapak Sugiyanto, Ka Rutan Klas 2 B Bantul FX Agus Subagyo, Ka KUA Pajangan, para pamong desa Guwosari, Sendangsari dan Triwidadi, para Kader kesehatan, serta Nara sumber Kepala Puskesmas Pajangan dr Lucia Sri Rejeki MPH, tamu undangan 25 orang.

Dalam sambutannya Camat Pajangan menyampaikan bahwa kami berharap lintas sektor ini bisa saling support, saling melengkapi, menjadi agen dan muara komunitas sehingga dapat menyelesaikan semua permasalahan kesehatan khususnya yang ada di wilayah Pajangan. Kita semua mempunyai tanggung jawab bersama bahwa kesehatan bukan hanya di pundak Puskesmas Pajangan, tetapi marilah kita ikut memperhatikan bersama masalah kesehatan masyarakat Pajangan khususnya.  Semoga Puskesmas Pajangan menjadi Puskesmas terbaik.

Dilanjutkan paparan kepala Puskesmas Pajangan dr Lucia Sri Rejeki MPH, pertama kami sampaikan bahwa terima kasih kepada semua Lintas sektor yang telah 1 bulan yang lalu berhasil mengevakuasi ODGJ dari dusun kabrokan yang telah berhasil dirawat di rumah sakit Gracia Pakem Sleman sampai sekarang. 

Program Puskesmas Pajangan yang telah berhasil dilaksanakan adalah Bias Campak di bulan Agustus 2018 dengan jumlah siswa 464 dan berhasil dilaksanakan 100% , evaluasi setelah pelaksanaan adalah KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi), dan ada kasus 1 siswa yang sampai demam mencapai suhu 39 derajat Celcius. Di bulan Oktober Nopember kita mulai imunisasi DT (dipteri tetanus). Tahun depan 2019 yang akan dilaksanakan adalah imunisasi HPV untuk kekebalan kanker servik leher rahim, dan ini akan diberikan anak klas V SD atau anak umur 9 Sampai 13 tahun . Mohon bantuannya semua sektor untuk mensukseskan imunisasi bayi.

Upaya kesehatan masyarakat yang kami lakukan adalah Kelas ibu hamil, kelas diabet, kelas hipertensi, kunjungan posyandu, puskesmas keliling, Pemberantasan sarang nyamuk bersama lintas sektor, pembinaan bahaya virus dari kencing tikus, penyuluhan desa, sekolah, dusun, pondok pesantren, pemantauan status gizi balita.

Layanan inovasi Puskesmas Pajangan diantaranya mata unik (mari tunda usia nikah) dengan sosialisasi ke tiga desa di wilayah Pajangan dengan mempunyai anggota konselor 150 remaja mata unik dengan program utama adalah mensosialisasikan usia nikah minimal 20 tahun, bila terpaksa nikah dibawah 20 th, maka kami tangkap dengan program catin cetar / calon pengantin cerdas dan pintar. dilanjutkan program butik bela / bunda sehat cantik besarkan bayi balita, ada juga  program senam ibu hamil dengan instruksi tenaga medis puskesmas Pajangan, "satu satunya di puskesmas Pajangan program bunga kertas / bantu penanggulangan korban kekerasan rumah tangga" tutur Dr Lucia Sri Rejeki. Program lain kleting kuning / kelola tingkatkan gizi kurangi stanting untuk anak balita.

Gizi anak harus lengkap sampai usia 1000 hari sejak usia kehamilan nasi, sayur , dan buah,  harus seimbang. Anak boleh makan apa saja, yang terpenting anak-anak diarahkannya untuk gosok gigi sebelum tidur. Mulai anak SD SMP SMA ada program Ingkung seniman /ingat dukung sekolah sehat , Puskesmas dan instansi terkait program rutin seminggu sekali "Sajam gurantik" satu jam seminggu berantas jentik. Ada juga pengobatan untuk ODGJ/orang dalam gangguan jiwa, walaupun gangguan jiwa , Puskesmas pajangan siap membantu pengobatan khusus ODGJ dengan tujuan minimal orang ODGJ bisa mandi sendiri, makan sendiri, perilaku bisa hidup bersih. khusus untuk Rutan ada program rotan jawara gaul/jaga jiwa raga warga rutan Bantul , kami adakan pemeriksaan rutin bulanan kesehatan untuk para napi di rutan klas 2 b Bantul. Program lansia  adalah kunjungan ke posyandu khusus lansia ada 55 pos sebagai bagian tugas kami untuk  kesehatan para lansia di kecamatan Pajangan. Deklarasi tim medis Stop Buang  Air Besar sembarangan / ini kampanye untuk warga yg masih BAB di sungai .

Akhir kata kami mohon bantuan masukan dan saran untuk kemajuan Puskesmas Pajangan guna mewujudkan peningkatan kesehatan masyarakat pajangan mulai dari usia balita Sampai dewasa hingga lansia, sehingga visi Puskesmas Pajangan menjadi Puskesmas Terpercaya bagai masyarakat Pajangan dan sekitarnya dapat tercapai. Kegiatan loka karya berakhir Pukul 11.45 wib berjalan lancar. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:46

0 komentar:

CB