Kapolsek Sanden Hadiri Evaluasi Lomba Desa Siaga Aktif Tingkat Kabupaten Bantul Di Desa Murtigading

Posted by Humas Polresbantuldiy on 05:57

Kapolsek Sanden AKP Riwanta menghadiri Evaluasi Desa Siaga Aktif Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2018 di Desa Murtigading, Sanden, Bantul, Rabu (07/11/2018) jam 09.00 Wib.

Evaluasi dan penilaian lomba dilakukan oleh tim yuri dari Kabupaten Bantul yang dipimpin Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Ny. Hj. Emi Masruroh Abdul Halim. Kehadiran tim yuri Evaluasi Desa Siaga Aktif disambut oleh Forkompincam Sanden bersama Lurah dna Pamong Desa Murtigading.

Hadir dalam giat tersebut, Camat Sanden Slamet Santoso SIP, Danramil Sanden Kapt. Suyana, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, Kepala Dinas Instansi se-Sanden, Lurah dan Pamong Desa Murtigading, Ketua TP PKK Kecamatan Sanden, Ketua TP PKK Desa Murtigading, Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Murtigading  beserta pengurus, Kader kesehatan,  Pokdarwis, Karangtaruna serta warga masyarakat.

Salah satu tujuan pelaksanaan evaluasi Desa Siaga Aktif adalah mewujudkan masyarakat desa yang peduli, tanggap, dan mampu mengenali, mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri, sehingga derajat kesehatannya meningkat. Indikator penilaian dalam evaluasi ini diantaranya adalah Pelayanan kesehatan dasar, Pemberdayaan masyarakat, dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Dalam pelaksanaan evaluasi, tim yuri tidak hanya melakukan pengecekan administrasi yang ada di Desa namun tim juga melakukan kroscek secara langsung terhadap program dan inovasi di Dusun Mayungan sebagai Dusun sampel.

Usai melakukan evaluasi dan pengecekan lapangan, tim yuri mengatakan bahwa penyambutan yang dilakukan mulai dari Desa Murtigading sampai Dusun Mayungan cukup meriah. Hasil evaluasi yang sudah dilakukan, kegiatannya sudah komplit, kesan ramah dan semangat kebersamaan warga sangat bagus mulai dari generasi muda sampai tua, posyandu balita, FPRB, Karang taruna, giat ibu dan lansia sudah ada cukup baik. Peran serta instansi terkait di Sanden sudah cukup baik dan kompak, ujarnya.

Selain itu, kegiatan masyarakat untuk pengembangan ekonomi lokal cukup beranek ragam baik makanan olahan hasil masyarakat maupun makanan olahan kering. Namun ada satu hal yang perlu dibenahi yaitu budaya merokok dari masyarakat agar dihilangkan atau disediakan tempat khusus untuk merokok, pungkasnya. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 05:57

0 komentar:

CB