Launcing Kampung Sehat Dusun Sulang Kidul Patalan Jetis Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:24

Rabu 14 Nopember 2018 pukul 09.00 wib Gubernur DIY diwakili Kepala Dinas Ksehatan Propinsi DIY Ibu drg Pembayun Setyaningastuti, M.Kes melauncing kampung sehat dusun Sulang Kidul Rt. 59 Patalan Jetis Bantul.

Lounching dusun ini dalam rangka memperingati hari kesehatan Nasional. Dengan program program kesehatan berupa, Pilah sampah, taman gizi, kawasan sehat bebas asap rokok, berantas penyakit akibat rokok, posyandu balita, lansia dan remaja.

Nampak hadir Kepala Baznas yang diwakili Dirut rumah sehat Baznas, Gubernur DIY yang di wakili Kadinas kesehatan Propinsi DIY Ibu drg Pembayun Setyaningastuti, M.Kes, Bupati Bantul yang diwakili wakil Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih, Ketua Tim penggerak PKK Kab Bantul Ibu Erna Kusumawati Suharsono, Jajaran Forkompimca kec Jetis, Pj Lurah Desa patalan, Kepala Dukuh Sulangkidul, Tokoh masyarakat dan warga dusun Sulang Kidul.

Dalam sambutanya, Camat Jetis Ibu Endang rahmawati, MM menyampaikan dengan inti bahwa dalam pembentukan sebuah dusun sehat akan berasa enteng bila didampingi oleh oleh dinas terkait seperti halnya Baznas ini, namun bila nanti Baznas sudah tidak mendampingi kami berharap masyarakat Sulang kidul dapat terus menerus meningkatkan kesejahteraannya di bidang kesehatan, hal ini akan terus di monitor oleh Puskesmas Jetis 2 sehingga dusun Sulang Kidul dapat menjadi Pioner dusun sehat yang menjadi contoh bagi dusun lain di Kab Bantul pada khususnya dan DIY pada umumnya.

Dalam Sambutannya, Ketua Tim penggerak PKK Kab Bantul Ibu Erna Kusumawati mengucapkan terimakasih kepada Baznas yang telah mendampingi dusun Sulang Kidul ini sehingga menjadi dusun yang sehat salah salah satunya dengan menerapkan program kawasan bebas rokok, kami berharap kegiatan sosial ini dapat bekelanjutan di daerah yang lain karena di wilayah kab bantul masih banyak daerah yang membutuhkan pendampingan sehingga akan tercipta kesejahteraan masyatakat di bidang kesehatan.

Dalam sambutanya, Bupati Bantul yang di sampiakan wakil Bupati Bantul mengucapkan terimakasih dan apresiasai yang tinggi kepada masyarakat dusun Sulang Kidul yang mempunyai inisiatif dan kesadaran untuk mewujudkan Sulang Kidul menjadi dusun sehat dengan pendampingan dari baznas, perlu kami sampaikan sebagai masyarakat Bantul kita mempunyai dokumen berupa rencana pembangunan masyarakat daerah jangka menengah  thn 2016 - 2021 dimana di dalamnya terdapat visi misi yaitu mewujudkan masyarakat Bantul yang sehat cerdas dan sejahtera, oleh karena itu dusun Sulang kidul yang terkenal dengan semangat gotong royong  menjadi potensi yang luar biasa untuk menjadi dusun Sehat. Karena kesehatan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar untuk mencapai kesejahteraan.

Dalam sambutanya, Dirut Rumah sehat Baznas bapak dr Muhamad Ridho menyampaikan bahwa Baznas adalah lembaga non struktural dibawah Presiden langsung yang mempunyai tugas sebagai badan pengumpul amal seluruh warga masyarakat Indonesia dan menyalurkannya dalam bentuk kegiatan sosial.

Salah satu kegiatan sosial dari baznas adalah turut serta mengawal pelayanan kesehatan dengan mendirikan bantuan dan pelayanan kesehatan didaerah daerah yang terkena bencana alam. Dalam kesempatan ini Baznas juga berperan dalam mewujudkan dusun Sulang Kidul menjadi dusun sehat semoga program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kami berharap untuk dapat di lanjutkan secara terus menerus guna mewujudkan kesejahteraan.

Dalam sambutanya, Gubernur DIY yang di sampaikan oleh Kadinas kesehatan daerah DIY ibu drg Pembayun setyaningastuti, Mkes menyambut baik lounching dusun sehat oleh Baznas dan berharap semua rangkaian kegiatan dapat berjalan lancar dan tertib sehingga dapat memeberikan manfaat yang positif bagi kita semua.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pembangunan nasional dibidang kesehatan adalah bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kemauan dan kemampuan masyarakat untuk hidup sehat agar terwujud derajat kesehatan, hal ini sebagai investasi pembangunan SDM yang produktif. Tujuan ini akan terwujud dari tanggung jawab penyelenggara negara  dari tingkat pusat hingga tingkat daerah termasuk peran serta dari masyarakat desa secara aktif.

Upaya peran serta masyarakat ini perlu didorong secara bersama sama guna mewujudkan dusun yang sehat, berimplikasi langsung bagi status sosial dan kesejahteraan masyarakat desa yang mampu menerapakan pola hidup sehat serta mampu memanfaat kan sumberdaya alam yang ada. Akhirnya atas nama pemerintah daerah daerah istimewa yogyakarta kami mengucapkan terimaksih kepada pemkab bantul dan baznas yang telah memfasilitasi berdirinya dusun sehat ini sehingga keberadaannya dapat  membawa manfaat bagi masyarakat dan membawa kehidupan yang sejahtera.

Lounching dusun sehat dengan di tandai dengan peletusan balon oleh Kadinas kesehatan DIY, wakil bupati bantul, Dirut Rumah sehat baznas dan camat jetis dalam keadaan aman tertib dengan pengamanan dari personil Polsek Jetjis. (Humas Polsek Jetis)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:24

0 komentar:

CB