Pembukaan Pameran Produk Unggulan Korwil Dekranasda Kecamatan Kasihan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:32

Kapolsek Kasihan AKP Y. Tarwoco Nugroho, SH menghadiri pembukaan Pameran Produk Unggulan Korwil Dekranasda Kecamatan Kasihan di Kantor Kecamatan Kasihan, Bantul, Kamis (15/11/2018) pukul 08.30 wib.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari tanggal 15-16 November 2018 diselenggarakan oleh Kecamatan Kasihan diketuai ketua Panitia Penyelenggara Kasi Ekobang Sumedi, S.Pd. M.Pd dengan menampilkan Anika Batik, Makanan, Kerajinan Lokal, Pameran, Bazar dan hiburan.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan sambutan-sambutan, Yang pertama sambutan Camat Kasihan Drs. Susanto, MPA yang menyampaikan pameran produk unggulan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan produk unggulan tiap kecamatan, sekaligus dalam rangka mengenalkan Program Kerja dan kegiatan Korwil Dekranasda yang ada di 17 Kecamatan di Kabupaten Bantul.

Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Bantul Drs. Yahya menyampikan kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi kepada para pelaku UMKM untuk menunjukkan hasil kreasi terbaiknya. Bapak camat Kasihan meyakini, masih banyak perajin di pedesaan yang selama ini belum dikenal masyarakat, sehingga dengan kegiatan pameran ini produk mereka dapat semakin dikenal.

Dalam sambutanya, Sekdin Koperasi, UKM, Perindustrian Kabupaten Bantul Dra. Kesi Herawati sekaligus membuka secara resmi kegiatan pameran menyampaikan bahwa salah satu produk yang dipamerkan ialah produk olahan keripik daun kelor hasil kreasi dari ibu-ibu PKK yang tergabung dalam Kelompok Desa Tirtonirmolo.

Memanfaatkan hasil kebun sendiri, anggota kelompok ini mengkreasikan daun kelor yang selama ini belum banyak digunakan, ibu-ibu membuat olahan keripik daun kelor yang berkhasiat. Mengacu dari hasil penelitian, daun kelor dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah, mengurang stress, anti peradangan, anti kanker hingga menurunkan kolesterol.

Selain memproduksi keripik daun kelor, kelompok ini juga memproduksi olahan lain diantaranya keripik kangkung, keripik bayam, keripik daun kenikir, aneka keripik tempe dan rempeyek kacang.

Selama ini pemasaran produk masih sebatas di warung-warung di lingkup Desa Tirtonirmolo sehingga ia mengaku kegiatan pameran dapat membantu mendongkrak pemasaran produk hasil kreasi dari Kelompok Desa Tirtonirmolo. Ia berharap kegiatan pameran seperti ini sering digelar dengan lingkup yang lebih luas sehingga konsumen juga semakin bertambah.

Hadir dalam acara ini  Kapolsek Kasihan Akp Y. Tarwoco Nugroho, SH., Danramil Kapten Inf. Rajiko, KUA Kasihan Drs.H. Imam Mawardi, MSI., Kepala Puskesmas Kasihan II drg. Elmy Yudihapsari, MPH, Lurah Desa Tirtonirmolo HM. Marwan MS, SH, Ketua BPD, Ketua PKK Se-Kecamatan Kasihan, Kepala SD,SMP, SMA  dan Pengawas Sekecamatan Kasihan serta undangan.

Pembukaan Pameran selesai pukul 10.00 ditutup dengan menyanyikan lagu bagimu Negeri  dan dilanjutkan melihat hasil karya pameran dengan diiringi hiburan organ tunggal, terlaksana dengan aman dan kondusif dengan pengamanan dari polsek Kasihan. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:32

0 komentar:

CB