Waka Polres Bantul Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:32

Wakil Kepala Kepolisian Resor Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo SIK MH menjadi Irup dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 di halaman Mapolres Bantul, Sabtu (10/11/2018).

Upacara diikuti seluruh pejabat, Kapolsek jajaran, Anggota/ASN, Polwan  dan perwakilan Polsek jajaran Polres Bantul.

Dalam kesempatan itu, Waka Polres Bantul membacakan amanat Kapolres Bantul Sahat Marisi Hasibuan SIK MH.

Disebutkan, kita Bangsa lndonesia setiap tanggal 10 November selalu memperingati  Hari Pahlawan untuk mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan,  para pendiri Republik Indonesia dengan segenap pemikiran, tindakan dan perjuangan yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain. Bangsa yang menyadari akan pentingnya sejarah dan menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

Setelah kemerdekaan diraih oleh para pendahulu kita, maka tahapan selanjutnya kita harus  bersatu   sehingga kita dapat maju bersama-sama. Peristiwa "Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya adalah sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras/suku, agama, budaya dan golongan,  bersama melebur menjadi satu untuk   menyerahkan hidup, jiwa dan raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Karena dengan pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, kita dapat mengambil pelajaran dari  tindakan heroik para pejuang pendahulu kita, untuk membentuk dan membangun Persatuan Indonesia.

"Harapan" dan cita-cita para pahlawan menjadi pemantik berbagai tindakan-tindakan heroik para pahlawan kita yang mengagumkan, sehingga pendahulu  kita berani memproklamirkan kemerdekaan saat itu? Adalah keberanian yang  tak ternilai dan tidak kasat mata, yang menimbulkan optimisme dalam hidup, sebuah harapan yang membuka segenap potensi untuk membuka terang kehidupan di masa depan,   dengan mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Indonesia.

Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik tersebut telah ditambatkan oleh pemerintah melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni: 'Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong."

Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan  berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Dalam semangat cinta tanah air, menjaga keragaman dan kebhinekaan kita, semangat  perjuangan para pahlawan telah menorehkan banyak sekali teladan tentang semangat untuk memberi  serta  semangat untuk berkorban dalam menjaga persatuan Indonesia.

Di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita menyadari bahwa kita adalah bagian dari keluarga besar  umat  manusia yang hidup di negara tercinta Indonesia. Sekarang saatnya kita menuntaskan perjuangan untuk membangun bangsa dengan sikap mental yang positif dan konstruktif yaitu membangun sebuah bangsa yang merdeka, maju, bersatu, berdaulat dan terbuka.

Hanya dengan revolusi mental yang positif, optimis dengan semangat persatuan didalam kesetaraan seluruh anak bangsa tanpa  diskriminasi.   Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh anggota polri untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini. “Selamat Hari Pahlawan”. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:32

0 komentar:

CB