Bhabinkamtibmas Desa Seloharjo Ikut Evakuasi Material Tebing Longsor di Dusun Kalipakem

Posted by Humas Polresbantuldiy on 13:34

Sebuah tebing di Dusun Kalipakem RT 03, Desa Seloharjo Kecamatan Pundong longsor menimpa dinding tembok rumah warga. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut. Material longsoran berupa tanah bebatuan dan pepohonan hanya menutup akses jalan yang menghubungkan antar RT.

Subandi, pemilik rumah mengungkapkan peristiwa itu terjadi pada Sabtu (07/12/2018) pukul 09.00 WIB. Dia yang kala itu sudah berangkat kerja terpaksa harus pulang lebih awal karena mendapat telepon dari pihak keluarga.

Bahwa tebing yang berada di samping timur rumah ambrol menimpa dinding tembok dan menutup akses jalan. Subandi mengatakan tidak ada tanda-tanda sebelumnya bahwa tebing tersebut mau longsor. Kejadian itu pun mendadak.

Dukuh Kalipakem, Desa Seloharjo, Rustanto mengatakan diduga penyebab tebing longsor karena beberapa saat yang lalu sempat mengalami kemarau panjang. Cuaca panas itu dimungkinkan membuat retakan tanah bebatuan di dinding-dinding tebing. Puncaknya tebing ambrol setelah diguyur hujan lebat.

Beruntung meski material longsoran menghantam tembok, namun tidak ada korban maupun kerugian materiil.

Setelah mendapat kabar dari warga adanya musibah longsor tebing yang diperkirakan lebar 8 meter dengan panjang longsoran 20 meter, pihaknya bersama warga menggelar kerja bakti menyingkirkan material longsoran. Pasalnya jika tidak segera dievakuasi, ada sebanyak 15 kepala keluarga yang terisolasi.

Bhabinkamtibmas Desa Seloharjo Bripka Sutriyono bersama BPBD Bantul dan warga masyarakat selanjutanya melakukan proses evakuasi material longsoran agar akses jalan dapat dilalui. (Humas Polsek Pundong)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:34

0 komentar:

CB