Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat 5 Pilar Dan Launching JPSM PAS GUMREGAH Di Aula Balai Desa Guwosari

Posted by Humas Polresbantuldiy on 01:30

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah SAP menghadiri Deklarasi "Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 5 Pilar Dan Launching JPSM PAS GUMREGAH" di Aula Balai Desa Guwosari Pajangan , pada Selasa (4/12/2018) pukul 09.00 WIB.

Hadir dalam acara ini Kepala DLH Kabupaten Bantul yang diwakili Bapak Dwi Purwanto , Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanto, Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah SAP, Kasi Kemas Kecamatan Pajangan Baik Dwi Subiyanto, Kepala Puskesmas Pajangan dr Lucia Sri Rejeki MPH, Lurah Guwosari  Masduki Rahmad SIP, Ibu Ibu Kader Kesehatan Guwosari, serta Tokoh Masyarakat dan warga Masyarakat Guwosari lebih kurang 100 orang.

Sambutan Lurah Guwosari Bapak Masduki Rahmad SIP menyampaikan terima kasih kami haturkan kepada  pejabat Pemerintah Kabupaten Bantul dan pemerintah Kecamatan, bahwa pada pagi ini telah kita awali dengan senam sehat yang diikuti warga Guwosari dan pamong desa, kami berharap dengan deklarasi ini sebagai tonggak awal bagi kader yandu, kader kesehatan, untuk mengajak masyarakat berperilaku sehat juga bersama organisasi Jaring Pengolah Sampah Mandiri (JPSM) untuk mengolah sampah dengan Memilah Milah Sampah sehingga tercipta blingkungan yang bersih dan sehat.

Selanjutnya dipimpin Lurah Guwosari mengucapkan ikrar bersama , yaitu
"KAMI MASYARAKAT DESA GUWOSARI KECAMATAN PAJANGAN DENGAN INI TELAH MELAKSANAKAN 5 PILAR SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT YAITU :

1. TIDAK BUANG AIR BESAR SEMBARANG TEMPAT.
2. MELAKSANAKAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN DENGAN AIR MENGALIR.
3. TELAH MELAKUKAN PENGELOLAAN MAKANAN DAN AIR MINUM SEBEKUM DIKONSUMSI.
4. TELAH MELAKUKAN PENGAMANAN SAMPAH YANG BERADA DI LINGKUNGAN SEKITAR.
5. TELAH MELAKUKAN PENGAMANAN LIMBAH CAIR RUMAH TANGGA AGAR TIDAK MENCEMARI LINGKUNGAN.

SEMOGA TEKAD KAMI DIRIDHOI ALLOH SWT"

Dalam arahannya Camat Pajangan Drs Sambudi Riyanto berharap setelah deklarasi ini benar benar kader kesehatan mampu mengajak masyarakat berperilaku sehat, tidak buang air besar di sungai, dan tidak memhuang sampah sembarang tempat , semoga Jaring Pengolah Sampah Mandiri (JPSM) dari Dusun Kembanggede  Desa Guwosari mampu menjadi pelopor Dusun yang lain dalam pengelolaan sampah.

Kepala Puskesmas Pajangan Dokter Lucia Sri Rejeki MPH menyampaikan terima kasih Desa Guwosari yang pertama melaksanakan Deklarasi STBM 5 PILAR, tidak hanya BAB tapi juga cuci tangan dengan sabun, pengolahan limbah rumah tangga , juga pengelolaan sampah rumah tangga.

Selanjutnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul memberikan arahan agar deklarasi ini betul betul dilaksanakan karena DLH Juga memberikan dukungan anggaran kepada Rumah Pilah Sampah di Dusun Kembanggede dan Pondok Al Imdad dengan santrinya 600 orang yang siap sapu bersih sampah.

Kegiatan diakhiri pukul 11.00 WIB  dengan penandatanganan tertulis deklarasi STBM 5 Pilar oleh Pejabat Pemerintah dan Masyarakat yang hadir dalam acara ini. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:30

0 komentar:

CB