Kapolri Kukuhkan Polda DIY Jadi Tipe A

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:16

Secara resmi, Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. mengukuhkan Polda DI Yogyakarta dari sebelumnya tipe B menjadi tipe A pada Jumat (7/12/2018).

Peningkatan tersebut didasarkan pertimbangan yang dilakukan oleh Asrena Polri bersama dengan Kementerian PAN-RB.

Dalam sambutannya, Kapolri mengatakan naiknya status Polda DIY dari tipe B ke tipe A didasari berbagai pertimbangan dan kajian dari Polri serta KemenPAN-RB. Pertimbangan dan kajian itu di antaranya dinamika di DIY yang tinggi, pembangunan berkembang pesat, mobilitas penduduk, gangguan kamtibmas, kejahatan jalanan dan kemacetan lalu lintas.

"Yogya juga dikenal sebagai pusat wisata selain Bali. Ikon penting destinasi wisata internasional dan domestik, berbagai daerah memiliki penerbangan langsung ke Yogya, juga akan ada bandara baru. Kemudian Yogya menjadi pusat belajar, kota pendidikan dengan adanya berbagai perguruan tinggi ternama. Ini harus diimbangi dengan peningkatan mekanisme dan manajemen Polda DIY," ujar Kapolri.

Kapolri juga menjabarkan naiknya status Polda DIY dari tipe B ke tipe A tak hanya sebatas naiknya Kapolda dari yang tadinya bintang satu menjadi bintang dua, Wakapolda bintang satu, dan eselon di bawahnya ikut naik.

Kapolri menyebut jika yang utama dari naiknya Polda DIY menjadi tipe A adalah akan diperkuat dari sisi personel, logistik, sarana dan prasarana, serta lainnya. Tito pun meminta kepada Kapolda DIY agar bekerja sama dengan Mabes Polri dan segera jemput bola dan proaktif agar Polda DIY bisa segera sesuai standar Polda tipe A.

"Sehingga benar-benar menggambarkan Polda tipe A. Nanti kita juga akan perkuat kerjasama Polda dan Mabes Polri. Kinerja akan ditingkatkan, makanya butuh kerja keras. Kalau tidak bisa terpenuhi tipe A, maka kita bisa turunkan. Apalagi kalau sampai tokoh masyarakat komplain," terangnya.

Kapolri juga mengatakan jika Polda DIY bukan hanya milik Mabes Polri semata, namun juga milik semua masyarakat yang harus dijaga bersama.

Tokoh Nasional, Buya Syafii Maarif yang hadir dalam pengukuhan tersebut berharap peningkatan tersebut segala mimpi yang diletakkan kepada Polri bisa terwujud.

Selain itu, Polri juga diharap bisa melayani dan melindungi masyarakat.

"Saat ini kendaraan bertambah terus, sehingga polisi menjadi repot. Saya ucapkan selamat kepada peningkatan Polda menjadi tipe A. Semoga bisa terus melayani dan melindungi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs Ahmad Dofiri M.Si menerangkan jika pihaknya akan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, kinerja di segala bidang juga akan ditingkatkan.

"Memang jauh hari sudah kita persiapkan. Intinya bagaimana pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih bagus dan kinerja kita juga akan kita tingkatkan. Saya kira masalah lalu lintas, Kamtibmas, konflik sosial itu yang perlu kita antisipasi bersama," terangnya.



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:16

0 komentar:

CB