Polsek Pajangan Mengamankan Pentas Seni Sanggar Pertiwi Krebet

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:57

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Bripka Muh. Jumadi dan Personil Polsek Pajangan mengamankan Gelar Seni Sanggar Pertiwi Dusun Krebet di Ampiteater Bukit Pajangan Dusun Krebet RT 05 Sendangsari Pajangan Bantul, Selasa sore (11/12/2018) dengan tema "Gumelar Jembar Nguri Uri Kabudayan".

Kepala Dukuh Krebet bapak Kemiskidi dalam sambutannya mengatakan mewakili Sanggar Pertiwi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan penonton yang memeriahkan acara ini. Kegiatan ini untuk menguri uri kebudayaan Yogyakarta khususnya  yang berada di Dusun Krebet Sendangsari Pajangan. Kegiatan ini tidak lepas dari bantuan Bpk. DPRD DIY Joko B Purnomo, SE, MM yang sudah memberikan aspirasinya ke Sanggar Pertiwi.

"Budaya kita jangan sampai hilang atau luntur, semangat sore ini untuk mewujudkan pelestarian seni budaya. Sekali lagi atas nama Sanggar Pertiwi mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Krebet dan sekitarnya yang turut dalam acara ini, ujarnya.

DPRD DIY Joko B Purnomo, SE, MM menjelaskan bahwa sore ini Sanggar Pertiwi mendapat giliran untuk menyelenggarakan pentas seni dalam rangka pemberdayaan Sanggar yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tahun 2018 DPRD DIY bersama Pemerintah Daerah menganggarkan 80 Sanggar se DIY untuk pemberdayaan dan untuk Bantul Barat saya mengawal 8 Sanggar dan di Pajangan ada 2 Sanggar yakni Sanggar Pertiwi Krebet  dan Sanggar Nareswari Mangir.

Dengan bantuan ini diharapkan Sanggar terus melakukan kegiatan dan pembinaan genersai seni sehingga bisa menghasilkan seniman seniman dari daerah Pajangan. Sanggar yang mendapat bantuan hukumnnya wajib mementaskan semua unsur seni yang ada di wilayahnya dan menjadi pembinaan Sanggar. Wilayah Krebet sekita 150 orang lebih yang dilibatkan dalam kegiatan ini, mari kita terus lestatikan seni budaya yang adi luhung, katanya.

Acara seni yang ditampilkan dalam gelar seni Sanggar Pertiwi kali ini diantarannya, Jathilan Bekso Kuda Mataram, kirab budaya Bregodo (Bregodo Jati Manggolo, Bregodo Putri Jati Manggolo dab Bregodo Aryo Pringgo Pringgading), seni kawitan, tari anak anak, tari angguk dan ditutup dengan Campursari Ekstra Vagongso dengan bintang tamu, Danty DKCK, Riris, Novi Kalur dan Srundeng.

Hingga selesainya acara pentas seni Sanggar Pertiwi sekira jam 23.00 Wib situasi kondusif aman. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:57

0 komentar:

CB