1.000 Pelajar SMA Ikuti Apel Millenial Anak Bangsa se Kabupaten Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:39

Sebanyak 1.000 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti Apel Millenial Anak Bangsa se Kabupaten Bantul bertempat di halaman Mapolres Bantul, Kamis (7/2/2019). Apel dipimpin Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Bantul Kompol Donny Zuliyanto ST SH.

Apel dihadiri sejumlah Pejabat, perwakilan dari berbagai instansi di Kabupaten Bantul, antara lain, Pemda Bantul, Kodim 0279/Bantul, Dishub Kabupaten Bantul, Kejari  Bantul, Kapolsek Jajaran serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kabag Ops Polres Bantul membacakan amanat Kapolres Bantul, AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH. Dalam amanatnya Kapolres Bantul mengatakan pada era ini kehidupan remaja mengalami banyak perubahan sebagai akibat dari kemajuan yang telah dicapai dalam proses pembangunan sebelumnya dan kemajuan yang pesat dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Perubahan yang dapat dirasakan sekarang ini adalah terjadinya pola pikir remaja kearah yang semakin kritis. Hal ini dimungkinkan karena semakin hari remaja makin cerdas dan semakin memahami hak dan kewajibannya.

Kondisi remaja yang demikian menuntut hadirnya pemerintah yang mampu memenuhi berbagai tuntutan dari masyarakat atau remaja yang kita sebut remaja Millenial.

Berkaitan dengan hal tersebut ada beberapa yang harus dimiliki oleh remaja Millenial tersebut, diantaranya remaja Millenial harus memiliki nilai sebagai pedoman hidupnya dan nilai kehidupan yang dimilikinya haruslah baik. Kedua remaja Millenial harus mempunyai tanggung jawab untuk bertindak, apabila melihat sesuatu yang berlawanan dengan rasa keadilan. Dan ketiga remaja Millenial harus memiliki semangat belajar, kompetitif, dan energik. Bukan remaja Millenial yang hanya menunggu dan menerima apa yang diberikan padanya tanpa usaha. Untuk semua hal tersebut, maka karakter yang baik merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki seorang remaja.

Lingkungan masyarakat termasuk berperan juga dalam membentuk karakter remaja. Lingkungan yang aman, nyaman, kondusif, agamis, dan motivatif akan membawa dan memacu remaja untuk berperilaku positif serta menjunjung tinggi nilai moral sebagai pengendali kepribadiannya.

Bila kehidupan di masyarakat teratur, semua bertindak sesuai norma yang dibentuk dan disepakati bersama sebagai pelindung dari tindakan merusak, maka akan tercipta masyarakat yang teratur serta harmonis. Dengan sendirinya. Karakter sebuah bangsa akan terjaga kelestariaannya, harapan menjadi negara yang bermartabat pun akan terwujud.

Dari dasar tersebut diatas maka dicanangkan program nasional  millenial road safety festival mulai tanggal 2 februari s/d 31 maret 2019 dengan tujuan mewujudkan millenial cinta lalu lintas menuju indonesia gemilang.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh polres bantul adalah sosialisasi program tersebut kepada generasi millenial di kabupaten bantul salah satunya adalah dengan pelaksanaan apel millenial anak bangsa bersama di  polres bantul dengan peserta 520 pelajar se kabupaten bantul . Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak generasi muda menjadi generasi millenial yang santun taat hukum dan menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

Perlu kami sampaikan bahwa puncak acara millenial road safety festival di Polres Bantul dilaksanakan pada hari minggu tanggal 3 maret 2019 di area car free day depan Pasar Bantul dengan rangkaian kegiatannya yaitu :

1.    Senam kolosal Millenial

2.    Jalan sehat Millenial

3.    Millenial entrepreneur expo

4.    Safety riding dan safety driving

5.    Deklarasi pelopor keselamatan berlalulintas

6.    Freestyle

Yang rencana akan dihadiri oleh  pelajar sma se kabupaten bantul, komunitas otomotif, informasi cegatan jogja (ICJ), informasi kedaruratan dan kepedulian jogjakarta (IKKJ), masyarakat korban kecelakaan lalulintas,pemangku kepentingan peduli keselamatan 5 pilar dan masyarakat yang ikut serta dalam acara car free day yang direncanakan target massa adalah 7000 peserta.

Program millenial road safety festival akan terwujud dengan adanya kerjasama dan dukungan dari 5 pilar yang tergabung dalam aksi keselamatan berlalu lintas yaitu dinas perhubungan, dinas pekerjaan umum, dinas kesehatan, jasa raharja, dinas kesehatan dan organisasi lain  baik formal maupun non formal serta dukungan dari masyarakat khusunya di Kabupaten Bantul.

“Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih atas segala perhatiannya,” tandas Kapolres Bantul.

Dalam apel tersebut juga dibacakan Ikrar Generasi Millenial Kabupaten Bantul yang ditirukan oleh seluruh peserta apel. Selesai apel, Kabag Ops juga menyerahkan penghargaan kepada sekolah-sekolah yang aktif menggelorakan gerakan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas. Kegiatan diakhiri dengan keterampilan safety riding oleh perwakilan siswa sekolah yang mengikuti apel. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:39

0 komentar:

CB