Kanit Binmas Hadiri Rapat Rekapitulasi Dan Verifikasi Pelaksanaan 5 Pilar Stbm Di Desa Gilangharjo

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:43

Kanit Binmas Polsek Pandak Iptu Subiantoro menghadiri rapat rekapitulasi dan verifikasi pelaksanaan 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Aula Balai Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul, Rabu (27/01/2019) jam 09.00 Wib.

Hadir dalam acara tersebut Camat Pandak diwakili Kasikemas Suwardi S.Pd, Kanit Binmas Polsek Pandak Iptu Subiyantara, Kepala Puskesmas Pandak I Dr.Joko Agung Prakoso, Lurah Desa Gilangharjo diwakili Kasi Pelayanan, Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Bripka Rudi Isgiarto SH, Dukuh dan Kader PKK se Desa Gilangharjo.

Dalam kegiatan ini dibahas mengenai sistem Sanitasi yang ada di wilayah Puskesmas Pandak 1 yaitu Desa Gilangharjo ini sudah berjalan dengan baik dan bersih atau belum karena sanitasi lingkungan sangat berperan penting bagi kehidupan kita.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka verifikasi tentang Sanitasi Total Berbasis masyarakat (STBM) untuk menuju perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). STBM terdiri dari 5 pilar yaitu Stop buang air besar sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga, Pengelolaan sampah rumah tangga, Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Untuk mewujudkan sanitasi lingkungan yang sehat bisa dilakukan dengan upaya Menyediakan air bersih yang cukup, memperhatikan saluran pembuangan, membuang sampah pada tempatnya, pisahkan sampah organik dan non organik dan memperbaiki system pembuangan. (Humas Polsek Pandak)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:43

0 komentar:

CB