Kapolda DIY Pimpin Apel Hari Peduli Sampah Nasional 2019 Di Pantai Depok

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:48

Dalam rangka hari peduli sampah Nasional 2019, Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri M.Si gelar apel bersama di halaman Parkir Pantai Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul. Sabtu, (23/02/2019) pagi.

Sebagai komandan apel adalah Kabagbinopsnal Ditpolarud AKBP Bayu Herlambang SH diikuti oleh pleton Brimob Polda DIY, pleton Sabhara Polda DIY, Pleton Dit PolAirud Polda DIY, Pleton Sat Sabhara Polres Bantul, Bhayangkari Polda DIY beserta jajaran, SAR parangtritis, PGSP Depok, Pramuka, Siswa SMK N Kelautan Sanden dan lain lainya.

Apel dihadiri oleh Wakapolda DIY Brigjen Pol Drs Bimo Anggoro Seno MH beserta pejabat utama, Kepala Dinas Kelautan, Dir Polair Polda DIY Kombes Pol Mansyur,Danlanud Adisucipto Kol Pnb Ir Bob Henry Pangabean MM, Kapolres jajaran Polda DIY, Bupati Bantul Drs H.Suharsono, Ketua PD Bhayangkari Polda DIY dan Forkompimcam Kretek.

Dalam apel tersebut juga dibacakan deklarasi peduli sampah yang isinya, Kami peserta apel peduli sampah tahun 2019 berjanji, 1. Mewujudkan lingkungan yang bersih, nyaman, dan bebas dari sampah. 2. Melaksanakan pengurangan, pengolahan dan pemanfaatan sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai. Dan 3. Meningkatkan partisipasi masyarakat menuju Bantul bersih sampah 2019.

Kapolda DIY Irjen Pol Drs Ahmad Dofiri M.Si dalam amanatnya mengucapkan banyak terimakasih atas terlaksananya dan kerjasamanya Polri Dit Pol Airud Polda DIY dengan Pemda Kabupaten Bantul dan warga Masyarakat Kretek serta pemangku kepentingan diwilayah Pantai Depok dan sekitarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini menjadi even yang positif dalam menjaga kelestarian alam dan mewujudkan lingkungan hidup yang bersih, nyaman bagi kehidupan makhluk hidup, sebagaimana tema yang diangkat pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tanggal 21/02/ 2019 yaitu "Kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai".

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk menunjukkan dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengelola sampah sehingga tidak menimbulkan pencemaran baik didarat laut dan udara yang berdampak negatif bagi kesehatan tumbuhan, hewan dan manusia.

Hal ini dapat dilakasanakan dengan membudayakan gerakan 3 R yaitu " Reduce atau mengurangi sampah, Reuse atau mengolah sampah menjadi suatu yang berguna dan Recycle atau memanfaatkan sampah menjadi sumber daya bahan baku  dan Energi terbarukan serta pemrosesan sampah di TPA yang berwawasan lingkungan, pungkasnya.

Setelah dilaksanakan apel dilanjutkan dengan pembersihan sampah dikawasan pantai Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul dengan alat yang telah disiapkan..

Selama berlangsungnya kegiatan berjalan lancar dan kondusif dengan pengamanan dari personil Polsek Kretek dan Dit PolAirud Polda DIY. (Humas Polsek Kretek).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:48

0 komentar:

CB