Protes Keberadaan Kandang Ayam, Warga Blokir Jalan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:11

Petugas dari Kepolisian, TNI dan Sat Pol PP mengadakan mediasi dengan warga terkait pemblokiran akses jalan menuju kandang peternakan ayam oleh warga di Dusun Kuden Sitimulyo Piyungan, Senin (11/3/2019) sekitar pukul 21.00 s/d 22.30 WIB.

Hadir dalam mediasi tersebut Kabag Ops Polres Bantul Kompol Donny Zuliyanto Nugroho ST SH, Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanto, Danramil Piyungan Kapten Wardani, Kabid Ketertiban Umum Sat Pol PP Kabupaten Bantul Anton Victory dan koordinasi aksi sekaligus Ketua RT 02 Kuden Bapak Giyono.

Aksi pemblokiran tersebut, merupakan aksi protes warga akan keberadaan peternakan ayam milik Ibu Iskandariyah yang lokasinya berdekatan dengan pemukiman warga. Dalam aksi tersebut, warga menuntut agar kandang ayam segera ditutup.

Adapun hasil dari mediasi sebagai berikut adalah yang disampaikan oleh Kabid Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Bantul, Anton Viktori mengatakan, pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2019 maksimal pukul 12.00 WIB pihak Sat Pol PP akan mengeluarkan seluruh ayam yang berada dikandang milik Ibu Iskandariyah. Kendati demikian, Sat Pol PP memberikan imbauan agar Ibu Iskandariyah melaksanakan pengeluaran ayam secara mandiri. Sementara itu, warga tetap akan memblokir jalan hingga ayam benar-benar dikeluarkan.

Setelah ini seluruh warga diminta untuk pulang ke rumah masing-masing agar kondusifitas wilayah Pedukuhan Kuden dapat terjaga.

Setelah mediasi dengan warga selesai dan menerima arahan dari Sat Pol PP selanjutnya Kabid Tribum didampingi Kapolsek Piyungan, Panit I Unit Intelkam Polsek Piyungan, Danramil Piyungan serta Bhabinkamtibmas Desa Sitimulyo mendatangi rumah ibu Iskandariyah untuk memberitahukan hasil mediasi dengan warga.

Dalam pertemuan dengan keluarga Ibu Iskandariyah Kabid Tribum menyampaikan bahwa warga menghendaki ayam untuk dikosongkan dari kandang dan hal tersebut akan dilakukan oleh Sat Pol PP dengan alasan telah berkaitan dengan ketentraman umum, dan memberikan estimasi kepada pemilik untuk memindahkan sendiri sampai dengan pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, tanggapan dari keluarga Ibu Iskandariyah yaitu akan mentaati yang menjadi keputusan dari warga dan Pol PP namun sebelumnya meminta surat secara resmi terlebih dahulu dalam eksekusi tersebut dari dinas/instansi terkait yaitu Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Bantul. (Humas Polsek Piyungan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:11

0 komentar:

CB